News  

Belasan Bangunan Sekolah Rusak Akibat Gempa

Pasaman (Sumbar), MINAKONEWS.COM-
Pasca Gempa dan longsor yang terjadi di Nagari Malampah dan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman Belasan gedung sekolah rusak.


Berdasarkan data yang diterima Jumat (04/03) dari Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman, tercatat sebanyak 12 bangunan SDN (Sekolah Dasar Negeri) Rusak dan dua unit bangunan SMPN (Sekolah Menengah Pertama Negeri) Serta satu Bangunan TK (Taman kanak kanak) Rusak akibat gempa.


Dampak dari kerusakan belasan Bangunan sekolah tersebut sebanyak 3013 Siswa mengalami kesulitan tempat belajar.
Mengatasi persoalan ini, Sukardi Kepala Dinas Pendidikan Pasaman dirikan Tenda darurat untuk tempat proses belajar mengajar sementara.

Hari ini kita sudah dirikan satu tenda belajar di SDN 16 Simparayo dengan fasilitas yang lengkap dan malam ini juga akan datang tenda belajar untuk sekolah lainnya yang timbul akibat bencana Gempa dan untuk sementara proses belajar mengajar di tenda-tenda,”ucap Sukardi selaku Kadispen Pasaman.


Lebih lanjut Sukardi mengatakan, untuk tahapan pembelajaran, kita akan sesuaikan dengan kondisi yang ada. Langkah awal kita adalah bagaimana kita bisa mengajak kembali anak-anak untuk mau kembali ke sekolah.

Kita sadar bencana yang telah terjadi menyebabkan trauma bagi mereka, jadi kita tidak akan memberi mereka tugas, dan kepada para Guru dan Kepala Sekolah kami meminta untuk memahami betul kondisi sikologis para siswa,”Ungkap nya.


Kemudian Sukardi juga mengatakan selain di Kecamatan Tigo Nagari juga terdapat beberapa sekolah lainnya yang mengalami kerusakan akibat peristiwa gempa yang terjadi beberapa hari lalu.


Di Kecamatan Lubuk Sikaping Ada 4 Bangunan sekola Dasar Negeri yang rusak, Kemudian di Kecamatan Duo Koto ada 3 unit bangunan sekolah SDN yang juga rusakbdan serta 1 unit bangunan SDN di Kecamatan Panti. (Rf).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *