KABUPATEN SOLOK JADI TUAN RUMAH PELAKSANAAN PERINGATAN HKG PKK KE 52 DAN JAMBORE KADER PKK BERPRESTASI KE XXI

Kabupaten Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Kabupaten Solok Jadi Tuan Rumah pelaksanaan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-52 dan Jambore Kader PKK Berprestasi Ke-XXI Tahun 2024 Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Rabu (17/7/2024), Lapangan Utama Alahan Panjang Resort.

Peringatan tersebut Resmi di buka Gubernur Sumbar ditandai dengan Pemukulan Gendang Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, SP, Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar Dt. Sutan Majo Lelo, Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar Hj. Harneli Mahyeldi dan Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP.

Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar Dt. Sutan Majo Lelo dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Gubernur dan Kepala Daerah se-Sumatera Barat serta seluruh hadirin pada hari ini di Kabupaten Solok Nan Indah dengan pesona alamnya yang luar biasa.

“Mohon maaf jika seandainya ada sambutan yang tidak pada tempatnya, tetapi kami berupaya untuk tampil sebaik-baiknya sebagai tuan rumah yang baik bagi seluruh tamu-tamu yang kami cintai dan kami banggakan se-Sumatera Barat,” ucap Epyardi.

Bupati Solok mengungkapkan rasa senang dan bangga dapat menjadi tuan rumah pada kegiatan Jambore Kader PKK tahun ini, semoga Bapak/Ibu senang dan bahagia hadir dan sekaligus berwisata di Kabupaten Solok Nan Indah ini.

Atas nama rakyat Kabupaten Solok mengucapkan terimakasih kepada seluruh hadirin pada hari ini semoga kegiatan Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat bisa berjalan baik dan lancar hendaknya.

“Kami turut memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Ketua TP-PKK Kabupaten Solok beserta jajarannya yang telah mempersiapkan jalannya kegiatan kita pada hari ini,” kata Epyardi.

Dikatakan Bupati, PKK merupakan organisasi yang ada di tingkat pusat dan daerah yang bertujuan untuk hadir di tengah-tengah masyarakat guna pemberdayaan masyarakat dan keluarga. Melalui 10 Program Pokok PKK kita harapkan dapat membimbing dan membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya.

Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat Hj. Harneli Mahyeldi dalam kesempatannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Ketua dan Kader PKK di Sumatera Barat karena telah berpartisipasi dalam mensukseskan Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Melalui peringatan HKG PKK Ke 52 dan Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat ke 21 kita sinergikan gerakan PKK untuk bergerak bersama mewujudkan keluarga sejahtera menuju Indonesia maju.

Ia mengatakan, Kader Kader yang hadir ini merupakan Kader yang berprestasi di Kabupaten dan Kotanya masing masing. Jambore Kader PKK ini merupakan apresiasi atau reward dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kepada para Kader Kader PKK Kab/Kota di seluruh Sumatera Barat, sekaligus ajang untuk bersilaturahmi den bertemu dengan seluruh Ketua, Pengurus, dan seluruh Kader PKK di Sumatera Barat

“Pelaksanaan Jambore PKK yang ke 21 ini dilaksanakan tanggal 16 – 18 Juli 2024 di Alahan Panjang Negeri dingin tanpa salju tepatnya di Alahan Panjang Resort Kabupaten Solok. Pada tahun ini ada 15 kabupaten/kota yang mengikuti Jambore. Kami juga telah mengupayakan menghimpun bantuan dari lembaga – lembaga seperti OPD, BAZNAS, BUMN, BUMD dan lain lain untuk Kader PKK yang kurang mampu di Kabupaten Solok,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansarullah, SP mengatakan, kita mengadakan Jambore pada tahun ini di Kabupaten Solok tepatnya di Alahan Panjang Resort. Kabupaten Solok ini merupakan kabupaten yang paling banyak memiliki danau di Sumatera Barat.

“Kabupaten Solok dibawah kepemimpinan Bupati Bapak Epyardi Asda juga telah banyak meraih prestasi baik dalam pembangunan sampai dengan kesehatan dari tahun ke tahun. Mudah mudahan kedepannya Kabupaten Solok bisa terus menorehkan banyak prestasi untuk Kabupaten Solok khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya,” ucap Mahyeldi.

“Acara Jambore ini merupakan acara yang istimewa, karena dihadiri oleh kader kader yang berprestasi dari Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat ini. Atas nama Pemprov Sumbar kami mengucapkan teima kasih kepada Bupati Solok dan Ketua TP PKK Kabupaten Solok yang telah memberikan ruang dan tempat untuk melaksanakan kegiatan Jambore Kader PKK Berprestasi ke 21 dan sekaligus peringatan HKG ke-52,” sambung Mahyeldi.

Lebih lanjut dikatakan Mahyeldi, dengan pemilihan tempat yang luar biasa indah ini kita bisa bergembira bersama sama. Kader PKK berperan dalam penguatan keluarga, penguatan generasi, serta pkk juga berkontribusi besar dalam pembangunan daerah.

PKK memiliki program yang sangat berkontribusi dalam menghadirkan masyarakat yang sejahtera serta juga bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam pembangunan. Dengan kolaborasi PKK dan Pemerintah Daerah kita bisa mengantisipasi berbagai macam permasalahan yang ada di kehidupan kita sehari hari.

“Harapan kita bagaimana 10 program pokok PKK ini betul betul dimiliki oleh seluruh kader kader PKK dan dimiliki oleh seluruh masyarakat Sumatera Barat, sehingga semuanya serentak dalam menghadirkan kesejahteraan masyarakat serta peningkatan ekonomi bagi seluruh masyarakat Sumatera Barat,” tutup Mahyeldi.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan Pemukulan Gendang tanda dibukanya Jambore Kader PKK Berprestasi Ke-XXI Tahun 2024 Tingkat Provinsi Sumatera Barat oleh Gubernur, Bupati Solok Ketua TP-PKK Provinsi, Wakil Ketua TP-PKK Provinsi dan Ketua TP-PKK Kabupaten Solok.

Kemudian dilakukan penyerahan kembali Piala Bergilir Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera dari TP-PKK Kabupaten Solok kepada TP-PKK Provinsi Sumatera Barat. Serta dilanjutkan dengan Pemotongan Nasi Kunyit oleh Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat tanda Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52.

Pengumuman Pemenang Lomba Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Tingkat Provinsi Sumatera Barat dengan 5 Kategori Lomba, Nagari Koto Gaek Guguak mewakili Kabupaten Solok berhasil memperoleh prestasi di seluruh cabang lomba antar Kabupaten di Sumatera Barat diantaranya :
1. Harapan 1 Lomba Kelembagaan dan Tertib Administrasi PKK
2. Juara 1 Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja Era Digital
3. Juara 2 Lomba Kampung Mandiri
4. Juara 3 Lomba Kawasan Hatinya PKK
5. Juara 3 Lomba PHBS Plus

Tampak hadir pada kesempatan tersebut, Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, SP, Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar Dt. Sutan Majo Lelo, Para Bupati/Walikota di Sumatera Barat, Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Harneli Mahyeldi, Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Fitria Amelia Audy Joinaldy, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP, Ketua TP PKK Kab/Kota se-Sumatera Barat, Pimpinan DPRD Kab. Solok Ivoni Munir, S.Farm, Apt, Forkopimda Kabupaten Solok, Ketua Organisasi Wanita se-Kabupaten Solok, Pimpinan BUMN dan BUMD, Kepala OPD Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat, Pengurus TP-PKK Provinsi Sumatera Barat, Pengurus TP-PKK Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat, serta Tamu Undangan Lainnya. (Eli).
Penulis : Eli
Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *