KPU KOTA SOLOK TETAPKAN 58.076 DAFTAR PEMILIH TETAP

KPUKota Solok Menetapkan jumlah DPT Pilkada Kota Solok yakni 58.076 pemilih.(Foto : Eli).

Kota Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok Menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kota Solok yakni 58.076 pemilih. Diantaranya, 28.600 laki laki dan 29.476 perempuan.

Pemilih di Kecamatan Lubuk Sikarah yakni 31.861 dan Kecamatan Tanjung Harapan 26.215 pemilih.

Hal tersebut di sampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Solok Dessy Arisandi saat rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemlihan walikota dan wakil walikota solok tahun 2024 di Solok Premiere Hotel Kamis (19/9/2024).

Ketua KPU Kota Solok Dessy Arisandi mengatakan, penetapatan DPT untuk Pilkada 2024 dimulai dengan proses yang panjang hingga bisa ditetapkan.

“Data DP4 dari Kemendagri disinkronkan oleh KPU RI yang disandingkan dengan DPT Pemilu terakhir, dan ditambahkan model A yang telah dilakukan coklit oleh 228 Pantarlih,” kata Dessi.

Adapun proses coklit ini dilaksanakan selama satu bulan dengan mendatangi langsung door to door ke rumah warga.

Pantarlih harus langsung datang menemui pemilih secara langsung, yang disandingkan dengan dokumen pemilihan KTP Elektronik, KK, dan IKD,” ucapnya.

Dengan berbekal data tersebut, pantarlih bekerja menyandingkan benar atau tidak. Jika data terasebut benar akan dimasukkan ke data pemilih, maupun sebaliknya.

“Menemui pemilih ini tidak cukup satu kali kadang sampai hingga kali karena kami meminta kepada Pantarlih untuk dapat menemui langsung pemilih di ruangannya. Kami mengucapkan terimakasih kepada kerja keras pantarlih, PPS dan PPK yang sudah bekerja ekstra,” tambahnya.

Juga, KPU Kota Solok telah membuka kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan masukan dan tanggapan selama 10 hari yang juga telah disempurnakan.
“Perjalanan dari tingkat kelurahan, kecamatan terus diupdate. terakhir dikumpulkan ke KPU RI untuk singkronisasi seluruh indonesia, mana yang masih ganda, invalid, dan seluruh nya sudah ditindak lanjuti,” tandasnya.

Kemudian, nantinya KPU Kota Solok juga akan membuka DPTb hingga 20 November untuk memfasilitasi pemilih.

Kegiatan ini diikuti oleh Ketua KPU Kota Solok Ariantoni, dan Komisioner Dessy Arisandi, Yance Gafar, Tomi Farto, Bawaslu, Walikota Solok yang diwakili oleh Asisten 1 Nova Elfino, serta PPK dan PPS se Kota Solok.(Eli)
Penulis : Eli
Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *