SUP CEKER PEDAS DI PUSKESMAS SITIUNG I, FASKES JUAL MAKANAN?

Cek gula darah pada keluarga penyandang diabetes melitus.(Foto : MM).

Dharmasraya (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Mendengar sup ceker pedas, pasti banyangan kita soal makanan. Sup ceker pedas memang enak, apalagi dimakan dalam suasana dingin di musim hujan.

Eit, tapi jangan salah, Sup Ceker Pedas ini bukanlah makanan seperti yang kita bayangkan. Meski dia nama makanan ternyata Sup Ceker Pedas ternyata sebuah inovasi pelayanan kesehatan yang digagas Puskesmas Sitiung 1, Kabupaten Dharmasraya.

Pemilihan nama ini kata Kepala Puskesmas Sitiung 1, sesuai dengan kepanjangannya, yakni Skrining dan Cek Gula Darah pada Keluarga Diabetes Melitus. Nah, ternyata pas lah dia dengan Sup Ceker Pedas.

“Pemilihan nama unik ini selain sesuai kepanjangannya, mudah diingat dan juga menggambarkan fungsinya, tentu saja dalam tupoksi kami dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat,” lanjut dr. Sriyani, saat ditemui di Koto Agung, Jum’at (26/07/2024).

Dijelaskan banyaknya pasien yang menderita penyakit diabetes melitus di wilayah kerja Puskesmas Sitiung I, menjadi latar belakang hadirnya inovasi ini.

“Berdasarkan data di wilayah kerja kami, pada tahun 2021 sebanyak 169 orang dan meningkat pada tahun 2022 sebanyak 194 orang menderita diabetes militus. Tentu harus ada upaya komprehensif dan terpadu untuk menurunkannya,” jelasnya.

Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan dan kesadaran anggota keluarga penderita diabetes melitus untuk melakukan skrining dan deteksi dini penyakit diabetes melitus.

“Untuk mencegah terjadi komplikasi penyakit diabetes melitus, melalui program ini kamu melakukan skrining dan cek gula darah pada keluarga penyandang diabetes melitus,” sebutnya.

Tujuan skrining ini untuk mendeteksi secara dini penyakit diabetes melitus atau memungkinkan ada keluarga yang memiliki kadar gula darah yang tinggi atau abnormal.

“SUP CEKER PEDAS dilaksanakan melalui kunjungan rumah, Dimana dilakukan oleh tim puskesmas yang terdiri dari Dokter, Kader, dan petugas Laboratorium,” urainya.

Polanya, sebelum melakukan kunjungan rumah tim puskesmas berkoordinasi dulu dengan pihak keluarga penyandang diabetes melitus yang akan di kunjungi.

Inovasi SUP CEKER PEDAS ( Skrining dan Cek Gula Darah pada Keluarga Penyandang Diabetes Melitus ) dilaksanakan di dua nagari, yaitu nagari sitiung dan nagari sungai duo.

Selain kunjungan SUP CEKER PEDAS ke rumah-rumah penderita diabetes militus juga dilakukan melalui kegiatan Posbindu PTM, Pelayanan Pustu Terpadu dan Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas.

Dengan adanya SUP CEKER PEDAS ini anggota keluarga penyandang diabetes melitus lebih memahami pentingnya pemeriksaan gula darah secara dini dan telah memahami komplikasi penyakit yang disebabkan oleh kadar gula darah tinggi yang tidak terkontrol.

“Melalui kegiatan SUP CEKER PEDAS, masyarakat mendapatkan informasi tentang pola hidup yang sehat, dan ke depan makin menurun penderita diabetes melitus di Kecamatan Sitiung ke depan,” harapnya. (MM).
[26/7 16.24] W Dharmasraya Fajril Huda: Gagasan Inovasi Baru SUP CEKER PEDAS yang dicetus Puskesmas Sitiung 1 Dharmasraya untuk Skrining dan Cek Gula Darah pada keluarga Diabetes Melitus.(MM).

Penulis : MM

Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *