625 Hewan Kurban Disembelih Saat Idul Adha

Ketugas kesehatan sedang memeriksa hewan korban.(Foto : Adi)

Padang Panjang (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Sebanyak 625 hewan kurban akan disembelih saat perayaan Iduladha 1444 H di Kota Padang Panjang.

Hal tersebut dilaporkan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan), drh. Wahidin Beruh baru-baru ini.

Sebanyak 625 hewan kurban tersebut terdiri dari 605 ekor sapi dan 20 ekor kambing yang tersebar di 16 kelurahan di Padang Panjang. Baik itu kurban masing-masing masjid, organisasi, komunitas dan lainnya.

Untuk pemotongan yang dilaporkan kepada kami, sampai hari ini terdiri dari empat hari. Kita menurunkan personel sebanyak 71 orang nantinya untuk melakukan pemeriksaan setelah pemotongan,” ujarnya.

Empat hari pemotongan tersebut terdiri dari Rabu (28/6) sebanyak 19 titik, Kamis (29/6) 80 titik, Jumat (30/6) tujuh titik dan pada Sabtu (1/7) sebanyak 11 titik.

Tim Dispangtan juga sudah melakukan pemeriksaan anthemortem (pemeriksaan sebelum pemotongan) dengan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan secara klinis. Antara lain kulit, mata, mulut, kaki, gigi telinga, testis, mata, lidah, bulu, melihat nafsu makan, alat gerak dan lainnya.

Terkait dengan umur dipastikan pemeriksaan gigi apakah sudah ada gigi yang permanen satu pasang. Minimal sebagai syarat umur sapi dua tahun ke atas sesuai syariat. Memastikan tidak ada terserang penyakit menular seperti PMK, LSD, dan penyakit lainnya,” tuturnya lagi.

Kemudian dari hasil pemeriksaan tersebut, kata Wahidin, disampaikan ke panitia kurban masjid, musala atau lembaga lainnya. Serta memberikan bimbingan bagaimana memperlakukan hewan ketika pemotongan, pengemasan daging, pendistribusian daging dan terkait kesrawan (kesejahteraan hewan) dan sebagainya. (Adi).

Penulis : Adi

Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *