Diawali Dengan Pemukulan Tontong FPM Dibuka Staf Ahli Menparekraf RI

Foto dilokasi pembukaan Festival Budaya Minangkabau VI yang digelar Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.(Foto : M Syukur).

Tanah Datar (Sumbar), MINAKONEWS COM – Ribuan masyarakat Tanah Datar memadati Istano Basa Pagaruyung pada pembukaan Festival Budaya Minangkabau VI yang digelar Pemerintah Kabupaten Tanah Datar 7 hingga 10 Desember 2023 mendatang.

Dengan diawali pemukulan Tontong, Event yang dibuka secara langsung oleh Staf Ahli Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Nike, Kamis (7/12/2023) tersebut juga dihadiri Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Bupati Tanah Datar Eka Putra dan Wakil Bupati Richi Aprian, Bupati dan Walikota se Sumbar, anggota DPRD Sumbar dan Tanah Datar Forkopimda, bundo kanduang dan undangan lainnya.

Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan, Festival Pesona Minangkabau merupakan sebuah pesta perhelatan yang berisikan seni budaya dan kearifan lokal Minangkabau. Melalui event ini, di tampilkan kekayaan seni budaya Minangkabau yang telah dikenal seantero nusantara dan bahkan ke dunia internasional.

Disampaikannya lagi, pada event tahun ini akan ditampilkan 40 sanggar seni anak nagari terbaik dan rangkaian budaya yang ada di Kabupaten Tanah Datar dan Luhak Nan Tigo Minangkabau selain juga ada penampilan sanggar dari Provinsi Jawa Tengah dan Jambi.

Menteri Parekraf diwakili Staf Ahli Nike dalam sambutannya saat membuka event tersebut menyampaikan apresiasi atas komitmen Pemerintah Tanah Datar yang selalu menggerakkan budayanya.

Tidak heran, jika festival pesona Minangkabau ini selalu masuk dalam kalender event nasional, karena selalu komit menyelenggarakan event budaya mulai dari tingkat nagari/desa sampai ke event besar saat ini,” ucapnya.

Saya yakin dengan penampilan tadi dan dengan adanya partisipasi seluruh lapisan masyarakat, FPM ini bisa terwujud menjadi event nusantara,” ungkapnya.

Kedepannya, Nike selaku Menparekraf juga mengharapkan pelaksanaan FPM perlu dan penting menerapkan strategi otonomi yang mengedepankan narasi dan konten kreatif, kolaborasi dengan paket-paket wisata atau pola perjalanan wisata serta mengoptimalkan peran media digital yang terus didukung dengan inovasi, adaptasi dan kolaborasi sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi nasional dalam rangka pencapaian target pergerakan 1,2 sampai 1,4 miliar wisatawan nusantara.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengatakan bahwa khusus di Tanah Datar terdapat banyak sekali event, mulai dari tingkat nagari yang membantu geliat perekonomian masyarakat, seperti festival saat ini telah menciptakan banyak hal diantaranya lapangan pekerjaan pelaku seni UMKM, asosiasi maupun komunitas dan tidak kalah pentingnya tentunya meningkatkan pergerakan wisatawan ke Sumatera Barat.

Jadwal Festival Pesona Minangkabau adalah 1. Gala Dinner, 2. Pembukaan FPM, 3.Pawai Budaya Authentic Minangkabau, 4. Makan Bajamba, 5.Pagelaran Seni Budaya, 6. Pagaruyung Fashion Show, 7. Pameran Desa Wisata, 8. Pameran Benda-benda Pusaka, 9.Pengukuhan dan Seminar Bundo Kanduang, 10. Pacu Jawi, 11. Galanggang Siliah Baganti, dan 12. Festival Qasidah Rebana.(MSR).

Penulis : M Syukur

Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *