FESTIVAL PESONA KACANG BARANDANG DIBUKA BUPATI EKA PUTRA

banner 120x600
banner 468x60

Kacang barandang yang akan mau di edarkan keseluruh pelosok.(Foto : M Syukur).

Tanah Datar (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Festival Pesona Kacang Barandang nagari Sawah Tangah yang dipusatkan di lapangan Bintang Timur Sawah Tangah Kematan Pariangan dibuka Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM Selasa (25/04).

banner 325x300

Pada acara tersebut hadir juga Pimpinan DPRD Tanah Datar Saidani, pimpinan OPD, Camat Pariangan bersama Forkopimca, Camat se Tanah Datar, Wali Nagari se Tanah Datar, angku-angku, niniak mamak, bundo kanduang, tokoh masyarakat, perantau, pemuda dan undangan lainnya.

Bupati Eka Putra menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada seluruh masyarakat nagari Sawah Tangah yang telah berhasil menggelar event pesona kacang barandang yang merupakan potensi nagari tersebut.

Seperti kita ketahui bersama, kata Bupati, Nagari Sawah Tangah banyak memiliki kuliner yang spesifik dan khas, diantaranya adalah kacang barandang yang sudah terkenal dengan gurihnya yang diolah dengan cara dirandang dengan menggunakan alat-alat tradisional dan telah terkenal kelezatannya di Sumatera Barat ataupun di provinsi Tetangga.

Permasalahan-permasalahan yang dialami masyarakat terutama terkait dengan penyakit tanaman kacang yang belum ada solusinya, Saya minta Kepala Dinas Pertanian untuk fokus membantu untuk memberikan solusi dan saya sendiri juga akan turun langsung ke lapangan sehingga para penggiat kacang barandang tidak kesulitan lagi mendapatkan kacang mentahnya,” sampai Bupati.

Selain terkenal dengan kacang barandang, tambah Bupati Eka, nagari Sawah Tangah juga memiliki kuliner khas yang bernama Nasi Padeh.

Tadi kami sudah mencicipi, mirip dengan nasi goreng, karena bahan utamanya nasi. Namun rasanya beda, nasi padeh ini memiliki cita rasa yang kaya akan rempah. Saya berharap pengunjung yang datang juga ikut mencicipi nikmatnya nasi padeh ini,” kata Bupati.

Bupati Eka juga berharap, melalui pelaksanaan event pesona kacang barandang ini seluruh potensi yang ada di nagari Sawah Tangah semakin dikenal oleh masyarakat luas sehingga memiliki efek ekonomi bagi masyarakatnya.(MSR).

Penulis : M Syukur

Editor : Red minakonews

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *