Galanggang Arang 2024 Diisi Sejumlah Pertunjukan Menarik

Walikota Solok H.Zul Elfian Umar membuka Festival Galanggang Arang (GA) 2024 di Kota Solok.(Foto : Eli)

Kota Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Solok menjadi lokasi pertama Festival Galanggang Arang (GA) 2024, setelah acara pembukaan di Padang pada 4 Mei 2024 lalu. Selama 2 hari (22-24 Juni 2024), sejumlah program menarik telah disiapkan, mulai dari workshop, pertunjukan, hingga seni rupa.

Kegiatan GA di kota Solok difokuskan pada area stasiun sebagai salah satu objek cagar budaya dan juga bagian penting dari WTBOS. Stasiun ini menjadi lokasi penampungan rempah dan hasil bumi yang kemudian didistribusikan ke daerah lain. Sejumlah gudang dan bangunan yang masih dapat disaksikan hingga hari ini menjadi bukti dari sejarah di kota Solok.

Sejumlah kegiatan penting GA 2024 di kota Solok di antaranya ialah lokakarya pemanfaatan ruang publik, dengan nara sumber Jumaldi Alfi dan Handiwirman Saputra. Keduanya adalah perupa yang memiliki posisi penting di Indonesia hari ini. Mereka telah menghasilkan karya-karya fenomenal dan melakukan pameran di sejumlah daerah dan negara.

“Lokakarya yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Juni 2024 di resto Terumbu Karang, ini diharapkan dapat memancing ide-ide kreatif baik pada penciptaan karya dalam merespon wtbos maupun pemanfaatan ruang publik untuk kegiatan kreatif,” jelas Kurator Galanggang Arang Sudarmoko.

Di samping workshop, penggalian ingatan kolektif terkait WTBOS di kota Solok juga dilakukan dengan partisipasi dari komunitas fotografi Gajah Maharam.

“Kegiatan ini telah menghasilkan sebuah naskah buku bacaan yang dapat dijadikan sebagai bahan rujukan dan pengayaan, khususnya bagi para pelajar di Kota Solok,” katanya lagi.

Pengenalan WTBOS terhadap generasi mendatang memang menjadi salah satu perhatian Galanggang Arang #2 . Siswa SMP dan SD se Kota Solok, diajak berpartisipasi dalam festival sebagai peserta lomba bertutur dan melukis dengan tema WTBOS Kota Solok.

Karya instalasi sebagai praktik merespon WTBOS juga dihadirkan di stasiun. Karya instalasi ini dikerjakan oleh Kaday Loket, sebuah komunitas seni yang aktif berkegiatan di kota Solok.

Sejumlah pertunjukan juga bakal disuguhkan selama hari festival. Beberapa kelompok seni lokal, seperti Lubuak Saiyo dan Alang Bangkeh bakal menampilkan karyanya.

Tari Batok, Tari Cewang, Tari Maraok, Tari Basikencak, dan lainnya, juga siap menyambut masyarakat yang hadir. Semua ditambah dengan penampilan musisi Dewa Gugat dan Khairat KDI.

Galanggang Arang di Kota Solok merupakan kegiatan kolaboratif antara Direktorat Jenderal Kebudayaan dengan Pemerintah Daerah Kota Solok. Pada pelaksanaan kegiatan ini, Galanggang Arang 2024 juga bekerja sama dengan Dinas Pariwisata untuk mengadakan kegiatan di stasiun Kota Solok.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkuat partisipasi pemerintah daerah, masyarakat, komunitas, seniman dan budayawan, serta pihak ketiga lainnya seperti UMKM, perusahaan swasta, BUMN, untuk turut serta memperkuat dan mengembangkan ekosistem WTBOS. (Eli)
Penulis : Eli
Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *