Gubernur Sumbar Himbau Pemkab Limapuluh Kota Manfaatkan Potensi SDA

Limapuluh Kota (Sumbar) MINAKONEWS.COM – Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra.S.Si Dt.Rajo.Simarajo didampingi dua Wakilnya Wendi Chandra dan Syamsulmikar membuka Sidang Istimewa DPRD dalam rangka memperingati Hari Jadinya Kabupaten Limapuluh Kota ke 183, Sabtu ( 13/04-24) diruang sidang DPRD setempat.

Dalam sidang hadir Gubernur Sumbar H.Mahyeldi Ansharullah, Bupati Limapuluh Kota Syafaruddin,SH.Dt.Bandaro Dirajo, Wakil Bupati Rizky Kurniawan Nakasri l, Walikota Payakumbuh yang diwakili Staf Ahli Evi Jaya .ST para Walikota/Bupati se Sumbar juga terlihat Walikota Dumai Sepriyanto, SH.,MH, Dandim 0306 Lima Puluh Kota, Kapolres Limapuluh Kota, Kejari, Ketua Pengadilan Negeri para tokoh masyarakat serta hadir pula dua mantan pejabat antara lain Widya Putra Sekdakab dan Ketua DPRD Aswandi Djanas.

Gubernur Sumbar H.Mahyeldi Ansharullah mengajak atau menghimbau Pemkab seyogianya untuk betul betul manfaatkan semaksimal.mungkin potensi potensi sumber daya alam (SDA) secara kreatif sehingga mampu menciptakan peluang peluang baru, yang pada akhirnya memicu pertumbuhan ekonomi itu sendiri, ungkap Gubernur Mahyeldi

Selain itu yang tak kalah pentingnya kata Gubernur, untuk dilibatkan Generasi muda, karena memang sekarang ini adalah eranya Generasi muda,ucap Gubernur beri semangat.Rabcang dan rencanakan secara baik setiap langkah dan upaya memajukan daerah dengan melibatkan mereka,” kata Gubernur.

Dikesempatan tersebut Bupati Limapuluh Kota Syafaruddin dihadapan ratusan masyarakat turut hadir para Ninik mamak, cerdik cendekiawan unsur elemen masyarakat, Iya berharap pada momentum, Hari Jadinya Kabupaten Limapuluh Kota-menuju sesuai dengan Thema,” Bersatu Dalam Keberagaman, Perkuat Persatuan Persaudaraan Wujudkan Limapuluh Kota Maju, demikian paparan Bupati Syafaruddin politisi Golkar itu.

Selanjutnya melalui Hari Jadinya Kabupaten Limapuluh Kota-inj, kami mengajak untuk semua lapisan masyarakat menumbuhkan tekad , untuk ambil bagian dalam mengisi pembangunan daerah, ungkap Bupati.
Ia menyebutkan pula pemkab dibawah kepemimpinannya bersama Wakilnya Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) telah merencanakan pengembangan kawasan Ibu Kota Kabupaten (IKK) melalui penyelesaian masalah konsolidasi Tanah
perkotaan dikawasan IKK yang masih belum tuntas selama 28 tahun, pungkasnya.

Selain itu sebut Bupati , juga pembangunan fasilitas publik untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat seperti penambahan sebuah Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) dan Kantor Pemda yang telah mulai prosesnya,ujar Bupati.
Kemudian lagi bahwa Pemda akan merevitalisasi pasar yang ada dikawasan IKK tersebut hingga menjadi ” Pasar Moderen”. Dengan demikian lebih fungsional tertata dengan baik dan diikuti perencanaan pembangunan pasar induk sebagai pusat perdagangan.

Upaya ini sejalan dengan kegiatan yang telah kita lakukan beberapa tahun ini, ujarnya Bupati semangat.
Seperti pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dikawasan IKK yang telah dimanfaatkan dalam keseharian masyarakat untuk berbagai aktifitas, ungkap Bupati bangga.

Dengan demikian Bupati juga menyampaikan, kendati Kabupaten Limapuluh Kota tahun ini memasuki usia 183, namun ia menyebutkan Pemkab masih dihadapkan pada berbagai tantangan dalam upaya peningkatan kwalitas hidup dan kesejahteraan masyarakat serta meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap perbaikan ekonomi sosial dan pelayanan publik.

Meski semua tantangan tersebut mesti kita jawab dengan formulasi dan pelaksanaan kebijakan-kebijakan yang mengutamakan kepentingan masyarakat. Sementara itu Bupati juga menyebutkan bahwa Indeks Pembangunan Manusia ( IPM ) Kabupaten Limapuluh Kota- meningkatkan dari 70,82 persen pada tahun 2020 hingga menjadi 72,05 pada tahun 2023.

Selain pertumbuhan ekonomi yang sempat terpuruk dikarenakan Covid-19 terus menunjukkan tren positif dari semula 1,16 persen di tahun 2020 meningkat menjadi 4,6 persen pada tahun 2023 dan gini
ratio menunjukkan angka 0,194 ditahun 2023. Terlebih kita dihadapkan dengan beberapa pekerjaan rumah (PR) kita seperti penurunan Stunting , penurunan angka kemiskinan cukup ekstrim dan inflasi serta peningkatan infrastruktur. Tentu hal ini sejalan dengan target yang ditetapkan secara Nasional, pungkas Bupati.

Dikesempatan tersebut tokoh masyarakat setempat yang mewakili yakni Rektor Universitas Andalas ( Unand) Efa Yonnedi, menyampaikan dalam sambutannya menyebutkan “, sebagai lembaga pendidikan, untuk Unand siap untuk
bekerja sama dengan pemkab Limapuluh Kota yakni melalui.” Bea Siswa nya ” ,yang tidak terhitung banyaknya kepada mahasiswa, sebut Rektor Unand.

Untuk kolaborasi antara Pemkab dengan Perguruan Tinggi ( PT ) kata Rektor,sudah terjalin bagaimana menciptakan inovasi inovasi serta nilai tambah seperti halnya Negara maju Jepang, Korea, ujar Rektor sebutnya

Karena itu untuk menuju daerah maju, maka harus ada peningkatan infrastruktur guna memudah perizinan dalam berinvestasi pengembangan Pariwitasi yang tepat sasaran dan.lagi pertumbuhan ekonomi ,ucap Rektor rang Jopang Mangganti. (Hery Mukhlis).

Penulis : Hery
Editor : Red Minakonews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *