MUSRENBANG TINGKAT KELURAHAN MULAI DI GELAR

Saat pelaksanaan Musrenbang di Kelurahan Koto Panjang.(Foto : Eli).

Kota Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Dengan Agenda Pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Solok Tahun Anggaran 2025, Kelurahan Kelurahan Di Kota Solok telah mulai melaksanakan Musyawarah perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan, salah satu nya Musrenbang di laksanaka Kelurahan Koto Panjang, kemaren

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Lurah Koto Panjang ini dihadiri oleh Anggota DPRD Kota Solok, Kapolsek Kota Solok, Kepala Bappeda Kota Solok, Kepala Dinas perkim Kota Solok, Kepala BPBD Kota Solok, Kepala Dinas Koperindag Kota Solok, Kepala Dinas Sosial Kota Solok, Kepala DPPKB Kota Solok, Camat Tanjung Harapan, Lurah Koto Panjang, Kepala Puskesmas Tanjung Paku, Bhabinkantibmas, Fasilitator, Ketua LPMK, Ketua RT/RW, Ketua Pemuda, Karang Taruna, PKK, Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat, serta Masyarakat Kelurahan Koto Panjang.

Lurah Koto Panjang Jimmi Muhara, mengatakan, Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di tingkat kelurahan merupakan penentu pembangunan kedepan. Sebab itu, kualitasnya harus baik. Apa saja yang menjadi urusan dikelurahan akan menjadi dasar pembahasan di musrenbang kecamatan hingga tingkat kota.

Kualitas musrenbang di tingkat kelurahan harus baik. Karena pembangunan berawal dari musrenbang. Tanpa adanya Musrenbang Kelurahan, seluruh proses tidak akan berjalan,” Terangnya ketika memberikan paparan dalam pembukaan Musrenbang Kelurahan Koto Panjang.

Proses itu sendiri dimulai dari pra musrenbang. Yang idealnya, membahas apa saja permasalahan diwilayah tersebut. Pembahasan inilah yang nantinya menghasilkan solusi atau usulan masyarakat.

Sebelum ada usulan, harus dilihat dulu apa masalahnya. Kalau itu bukan masalah, tidak perlu dibuat program,” kata Jimmy.

Pelaksanaan kegiatan musrenbang di tingkat kelurahan tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya dimana pada tahun sebelumnya anggaran untuk pelaksanaannya berada pada kecamatan sedangkan untuk tahun ini anggarannya berada pada masing-masing kelurahan.

Selanjutnya Lurah Koto Panjang Jimmi Muhara berharap dengan adanya kegiatan ini pelaksanaan musrenbang dapat berjalan dengan lancar dan berharap agar usulan-usulan dari masyarakat dapat terealisasi.

Camat Tanjung Harapan, Hendrik, menambahkan bahwasanya usulan dalam kegiatan musrenbang ini harus lengkap secara administrasi dan dokumentasi.

Usulan yang akan diajukan harus lengkap administrasi dan dokumentasinya, karena akan ada perengkingan kenapa direngking karena nantinya akan kita sesuaikan dengan skala prioritasnya,” jelas Camat.

Selanjutnya Anggota DPRD Hendra Saputra menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah hadir.

Hendra Saputra mengatakan musrenbang merupakan wadah untuk masyarakat menyampaikan aspirasi yang akan di tampung oleh Pemerintah Daerah Kota Solok. Dan ini akan dijadikan program dan kegiatan nantinya di Pemerintah Kota Solok.

Musrenbang bukan hanya semata-mata pembangunan secara fisik tapi juga pembangunan sumber daya manusia dan yang paling penting adalah kita harus memahami bagaimana wilayah kita. Untuk Aspirasi masyarakat nantinya bisa disampaikan ke DPRD melalui pokok-pokok pikiran DPRD, tidak harus melalui musrenbang karena ini merupakan salah satu fungsi DPRD,” jelas Hendra.

Pada acara ini, fasilitator Afrizal Pitok mengatakan, untuk usulan masyarakat pada kegiatan Pra Musrenbang tahun 2023 berjumlah 44 usulan dimana dari usulan tersebut akan diambil nantinya 6 usulan yang akan menjadi prioritas. Musyawarah Penyusunan dalam kegiatan ini meliputi beberapa bidang seperti bidang sarana dan prasarana, bidang ekonomi, dan bidang sosial budaya yang ada dikelurahan. Melalui musyawarah ini diharapkan dapat mampu membantu Pembangunan dikelurahan agar menunjang kemajuan pembangunan yang ada dikelurahan Koto Panjang menjadi lebih baik.(Eli).

Penulis : Eli

Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *