Pawai 1000 Siya Meriahkan Festival Gebyar Talago Biru II

Bupati Tanah Datar Eka Putra saat menyaksikan penampilan silek ketika pembukaan Gebyar Pesona Talago Biru II di Nagari Atar, Kecamatan Padang Ganting.(Foto : M Syukur).

Tanah Datar (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Luar biasa, diawali pemukulan talempong dan dimeriahkan dengan pawai 1000 Siya (rantang) program unggulan Satu Nagari Satu Event Gebyar Pesona Talago Biru II di Nagari Atar, Kecamatan Padang Ganting, dibuka Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM di lokasi objek wisata Talago Biru Atar baru-baru ini.

Siya atau dalam bahasa Indonesia disebut rantang pada umumnya berbentuk bulat, bersusun dan tertutup, serta memiliki tangkai untuk di jinjing. Didalam Siya biasanya diisi lauk pauk dan cemilan khas nagari Atar.

Masyarakat nagari Atar biasanya membawa Siya untuk menghadiri acara mendoa 100 hari orang yang meninggal dunia atau disebut dengan manyaratuih hari, Siya biasa dibawa ke acara-acara syukuran seperti syukuran menjelang Ramadhan, berbuka puasa bersama, syukuran setelah lebaran maupun syukuran rumah baru atau menaiki rumah. Menurut masyarakat Atar, Siya merupakan benda penting yang harus dimiliki dirumah mereka.

Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada seluruh panitia, masyarakat, pemerintah nagari, dan seluruh yang terlibat dalam mendukung dan mensukseskan event Gebyar Pesona Talago Biru II.

Semoga event ini menjadi branding nagari Atar dan akan diingat oleh para wisatawan bahwa disetiap tahun di bulan September digelar event Gebyar Pesona Talago Biru di sini,” ujarnya.

Ketua Panitia Riswendi dalam laporannya menyampaikan bahwa arakan Siya ini merupakan tradisi masyarakat Nagari Atar yang biasa dilakukan saat menggelar pesta pernikahan.

Dikatakannya, dalam perhelatan Satu Nagari Satu Event Gebyar Pesona Talago Biru II tahun 2023 ini nantinya akan diisi dengan berbagai penampilan kesenian dan budaya yang dibawakan langsung oleh anak nagari.(MSR).

Penulis : M Syukur

Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *