PEMKO MANFAATKAN PROGRAM “NABUANG SAROK”

Sub Koordinator Kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Sampah, Forget Siswanto, SH bersama staf mengantarkan 1.180 kg sampah plastik ke PT. Semen Padang.(foto DLH Kota Solok)

Kota Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Salah satu upaya inovatif untuk mengurangi sampah di Kota Solok ,Pemerintah Daerah Kota Solok melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solok memanfaatkan program ‘Nabuang Sarok’ yang telah diluncurkan PT. Semen Padang .

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok melalui Sub Koordinator Kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Sampah, Forget Siswanto, SH menyampaikan Jumlah sampah di Kota Solok sendiri adalah 55.34 ton/hari, sebanyak ± 81% timbulan sampah ini diangkut ke TPA Regional Ampang Kualo Kota Solok, dan komposisi sampah organik ± 56%.

Pada Kamis (1/2) Sub Koordinator Kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Sampah, Forget Siswanto, SH bersama staf mengantarkan 1.180 kg sampah plastik ke PT. Semen Padang menggunakan mobil kompektor.

“Nabuang Sarok ini konsepnya, setiap 1 kg sampah plastik yang ditabungkan dihitung untuk 10 poin yang nantinya poin dapat ditukarkan dengan hadiah menarik,” jelas Forget.

Adapun jenis sampah yang dapat disetorkan meliputi sampah plastik, kayu, kertas, hingga minyak jelantah. Sampah-sampah itu nantinya akan diproses menjadi bahan bakar alternatif pengganti batu bara di pabrik PT. Semen Padang.

“Inisiatif ini merupakan salah satu cara untuk ikut ambil bagian dalam menyelamatkan Kota Solok dari sampah, kolaborasi ini akan sangat menguntungkan bagi lingkungan, sosial dan perekonomian,” lanjut Forget.

Penerapan prinsip ekonomi sirkular dalam pengelolaan sampah domestik dapat memberikan nilai tambah dan manfaat berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan, baik dari sisi lingkungan, sosial dan ekonomi.

Kolaborasi penanganan sampah antara PT Semen Padang dengan Pemko Solok telah disepakati melalui Nota Kesepahaman (MoU) yang dilakukan di Balai Kota Solok pada tanggal 13 September 2022.(Eli)

Penulis : Eli

Editor : Redminakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *