PEMKO SOLOK GELAR RAKOR UPDATING DAN MONITORING

Pemko Solok melalui Dinas Pemuda Dan Olahraga Kota Solok gelar rapat koordinasi updating dan monitoring database.(foto : Eli)

Kota Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Pemko Solok melalui Dinas Pemuda Dan Olahraga Kota Solok gelar rapat koordinasi updating dan monitoring database kepemudaan tahun 2023, bertempat di ruang rapat Wali Kota Solok,Selasa (11/7)

Kadispora Kota Solok, Nurzal Gustim, mengatakan database kepemudaan perlu disiapkan agar program-program kepemudaan yang dilaksanakan baik tingkat provinsi maupun daerah dapat terjangkau dan tepat sasaran, sehingga kegiatan kepemudaan yang dilaksanakan memperoleh hasil yang baik sesuai dengan harapan.

Dijelaskan oleh Nurzal Gustim “Dengan adanya pendataan kepemudaan ini tentunya memberikan banyak manfaat bagi kita semua, termasuk di Kelurahan. Misalnya saja OPD yang lain saat membutuhkan data peserta untuk mengikuti suatu program kegiatan, maka kita dapat mengirimkan pemuda-pemuda yang memang memiliki kompetensi di bidang yang dibutuhkan. Tidak lagi asal mengirimkan peserta.

Di Kota Solok terdapat 13 Kelurahan yang akan dilakukan pendataan tentang database kepemudaan. Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok akan berkerjasama dengan OPD terkait dan Kelurahan-Kelurahan Kota Solok untuk mendapatkan data yang tepat dan valid mengenai kepemudaan Kota Solok

Nurzal Gustim, ” berharap dengan adanya database ini nanti bisa kita gunakan dan mempermudah kita. Sebenarnya banyak OPD yang memiliki program dan kegiatan yang berhubungan dengan kepemudaan. Harapannya dengan adanya data yang valid kita dapat membantu mengembangkan potensi yang telah dimiliki pemuda-pemuda di Kota Solok khususnya,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Kabid Kepemudaan, Pris Gusfo Pertason juga menjelaskan setiap kelurahan nantinya akan ada perwakilan satu orang yang akan ke lapangan, dan untuk teknis turun ke lapangan nantinya kita sesuaikan dengan luas wilayah setiap kelurahan. Terdapat blanko isian pendataan yang akan didata ke pemuda-pemuda kelurahan di Kota Solok,” katanya.

Rekapitulasi dari pendataan yang telah dilakukan ini nantinya akan dipublikasikan pada aplikasi ”Sipanda Muda” yang telah ada sebelumnya.

Diungkapkan nya sebelumnya Dispora Kota Solok telah melahirkan inovasi tentang pengelolaan database kepemudaan yang ada di Kota Solok dengan penggunaan berbadis aplikasi yang dikenal dengan Sipanda Muda (Sistem Informasi Pengelolaan Data Kepemudaan) yang bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok sejak tahun lalu. (Eli)
Penulis : Eli
Editor : Red Minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *