PEMKO SOLOK, PERUM BULOG DAN TTIC PROVINSI SUMBAR GELAR GPM

banner 120x600
banner 468x60

Dinas Pangan Kota Solok bersama Perum Bulog Cabang Solok dan Toko Tani Indonesia (TTIC), Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat melaksanakan GPM.(Foto : Eli)

Kota Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Dalam rangka stabilitas pasokan dan harga pangan pada bulan Ramadhan 1445 H, Dinas Pangan Kota Solok bersama Perum Bulog Cabang Solok dan Toko Tani Indonesia (TTIC) Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat melaksanakan Gerakan Pangan Murah (GPM),depan Masjid Agung Al-Muhsinin Kota Solok, baru-baru ini.

banner 325x300

Kegiatan ini merupakan pelaksanaan dari Undang- Undang No.18 tahun 2012 tentang pangan pada Bab V poin 2 yang berbunyi “ dalam mewujudkan keterjangkauan pangan, Pemerintah dan Pemerintah daerah melaksanakan kebijakan Pemerintah dibidang distribusi, pemasaran, perdagangan, stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok dan bantuan pangan pokok.

Kepala Dinas Pangan Kota Solok meninjau langsung pelaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM) tersebut. Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Kepala Bagian Perekonomian, Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan beserta jajaran, Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan beserta jajaran, Pihak Kepolisian dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok ikut hadir dan mendukung kegiatan GPM.

Menurut Kepala Dinas Pangan Kota Solok, Ade Kurniati, S.Pt, Kegiatan dilakukan agar sepuluh komoditas pangan tersedia dan harga stabil untuk membantu masyarakat.

Ir. Efrizal Hasdi Sekretaris Dinas Pangan Kota Solok menyampaikan Gerakan Pangan Murah akan dilakukan selama harga komoditas pangan khususnya 10 bahan pokok mengalami kenaikan dan menimbulkan keresahan dimasyarakat terutama pada bulan Ramadhan saat ini.

“Kegiatan ini tujuannya bukan untuk menjatuhkan harga di pasaran, melainkan bertujuan untuk stabilisasi harga pangan,” jelasnya

Pada pelaksanaan GPM ini ada beberapa komoditi pangan yang disediakan dari Perum Bulog Cabang Solok yaitu Beras Bujang Merantau Rp. 17.000,-/Kg, Beras SPHP Rp. 11.000,-/kg, Gula Rosebrand Rp. 17.500,-/kg, Minyak Goreng Rosebrand Rp. 17.000,-/ltr, dan komoditi yang disediakan oleh Toko Tani Indonesia (TTIC) yaitu Telur Ayam Ras Rp. 53.000,-/krak, Beras Sokan Rp. 17.500,-/kg, Beras Ir Rp. 17.000,-/kg, Minyak Goreng Sari Murni Rp. 34.000,-/2 ltr, Minyak Goreng Camar Rp. 32.000,-/2 ltr, Tepung Tapioka Cap Tani Rp. 18.000,-/kg, Tepung Segitiga Biru Rp. 25.000,-/kg, Sardine ABC kecil Rp. 12.000,-/kaleng, Kacang Hijau Rp. 24.000,-/kg. Dengan antusias masyarakat telah menghabiskan banyak bahan pangan yang disediakan pada acara GPM tersebut.

Lebih lanjut Kepala Dinas Pangan, Ade Kurniati, S.Pt mengatakan kedepannya pemerintah akan lebih tanggap terhadap fluktuasi harga pangan pokok dengan turun langsung untuk stabilisasi harga, sehingga gejolak harga yang tinggi tidak sampai terjadi.(Eli)
Penulis : Eli
Editor : Red minakonews

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *