PEMKO SOLOK SEDIAKAN BENIH PADI BERKUALITAS

banner 120x600
banner 468x60

Pemerintah Daerah Kota Solok terus mendorong peningkatan mutu dan produksi beras Dikota Solok.(Foto : Eli)

Kota Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Pemerintah Daerah Kota Solok terus mendorong peningkatan mutu dan produksi beras Dikota Solok, melalui Dinas Pertanian setempat, pemerintah menyediakan benih padi berkualitas dari varietas Anak Daro. Benih yang disediakan bisa dibeli oleh masyarakat untuk hasil yang lebih baik.

banner 325x300

Walikota Solok melalui Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, H. Zulkifli menyebutkan, di Dinas Pertanian terdapat benih dasar dan juga benih pokok. Dari benih pokok bisa menghasilkan benih sebar untuk ditanam oleh petani.

Kota Solok menjadi daerah yang berhak dan diakui untuk menghasilkan benih padi Anak Daro yang bermutu. Varietas Anak Daro di Kota Solok juga sudah mendapat pengakuan indikasi geografis,” terang Zulkifli.

Dalam pengembangan benih dasar dan pokok padi Anak Daro, Dinas Pertanian Kota Solok menggandeng 3 kelompok penangkar Desa Mandiri Benih (DMB). 3 DMB yang bermitra yakni DMB Mutiara Tani di Tanah Garam, Sembiko dan Rumbio Saiyo.

Dari ketiga kelompok penangkar ini, kita memproduksi benih dasar dan benih pokok. Tahun kemarin kita memproduksi 1 ton benih pokok dan lebih kurang 300 kilogram benih dasar,” terangnya didampingi sekretaris Dinas Pertanian, Edi Harianto.

Kabid Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Joni Harnedi menyebutkan, masyarakat bisa membeli benih padi yang diproduksi di Dinas Pertanian. Benih padi itu tentunya sudah berkualitas tinggi.
Untuk harganya, benih dasar dengan kualitas tinggi hanya Rp15 ribu per kilogram. Sementara benih pokok Rp12 ribu per kilogram. Dari benih pokok ini nantinya akan menjadi bekal benih sebar,” terangnya.

Dalam produksi benih, kelompok penangkar langsung dibina oleh Dinas Pertanian. Jelang panen, dilakukan proses rouging untuk menjaga kemurnian dan kualitas benih. Potensi produksinya 6,5 ton per hektare.

Selama ini, kebanyakan petani kita menggunakan benih dari hasil produksi turunan sendiri sehingga hasilnya kurang maksimal. Untuk itu, Dinas Pertanian menyediakan benih pokok yang bisa menjadi benih sebar,” tuturnya.(Eli)
Penulis : Eli
Editor : Red minakonews

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *