PEMKO SOLOK VERIFIKASI DATA TPB

Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok gelar verifikasi data Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).(Foto : Eli)

Kota Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Pemerintah Daerah Kota Solok melalui Dinas Lingkungan Hidup setempat gelar verifikasi data Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) dari masing-masing OPD hal tersebut perlu adanya penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), kantor DLH Kota Solok.

Turut hadir dalam acara tersebut Pokja tim penyusun KLHS RPJPD, beserta tim ahli dari Unand yang datang sebanyak 3 orang, Prof Ardinis Arbain, Dr Lydia Furqani, Rahma Wirni,S.Si orang dan 1 orang sekretariat, Farid Algani S.Si.

Kegiatan berlangsung selama 2 hari di Aula Khaidir Nuh Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok, kegiatan dihadiri oleh BPS Kota Solok yang diwakili oleh Aan Subrata dan Dinas Kominfo untuk membantu tim Unand dalam memverifikasi data TPB.

Acara ini merupakan tahapan kedua dalam penyusunan KLHS yang diswakelola dengan PSLH Unand. Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah terselenggaranya penyepakatan dan pengintegrasian isu prioritas ke dalam Kebijakan Rencana Program (KRP).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas DLH, Edrizal, SH, MM mengajak seluruh pihak untuk mendorong inovasi teknologi dalam penyempurnaan KLHS RPJPD Kota Solok.

Di dalam indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), terdapat empat pilar yang meliputi pilar sosial, ekonomi, lingkungan, dan pilar hukum dan tata kelola. Pilar dengan indikator terbanyak adalah pilar sosial yaitu sebanyak 80 indikator (49,4%). Dari ke empat pilar tersebut, pilar ekonomi menjadi pilar dengan pencapaian terbaik. Lebih dari separuh (55,3%) dari indikator pada pilar ekonomi memiliki status hijau. Di sisi lain, pilar dengan pencapaian terendah adalah pilar sosial yang meraih indikator berstatus hijau sebanyak 25%.

“ Dengan selesainya tahapan verifikasi ini maka akan masuk ke tahap berikutnya yaitu Konsultasi Publik 1 yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2024,” ungkap Edrizal.

Semoga dengan verifikasi data TPB ini dapat meningkatkan kualitas Dokumen disusun sehingga proses validasi nantinya dapat berjalan dengan baik.(Eli)

Penulis : Eli

Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *