PERTUKARAN GURU INDONESIA- KOREA 2023
SECARA DARING

Oleh : Fitra Murni AR
(Guru SMAN 3 Padang Panjang)

Program Pertukaran guru Indonesia- Korea 2023 terdiri atas dua macam, ada secara tatap muka dan ada secara daring, SMAN 3 Padang Panjang (Sumatera Barat) memperoleh kesempatan untuk mengikuti pertukaran guru Indonesia-Korea 2023 secara daring diantara tiga sekolah lainnya yaitu SD Negeri 196 Sukarasa (Jawa Barat), SMP Islam Al Hamidiyah (Jawa Barat) dan SMKS Mutiara Baru (Jawa Barat), Keempat sekolah dengan level berbeda ini akan melaksanakan program selama 3 bulan (Juli, Agustus, September) dengan sekolah partner di Korea Selatan yang sudah dipasangkan Kegiatan Pertukaran guru ini diselenggarakan atas kerjasama Kemdikbudristek RI, Kementrian Pendidikan Korea dan APCEIU, UNESCO, Alhamdulillah, SMAN 3 Padang Panjang (Sumatera Barat) berpasangan dengan Gangwon Foreign Language High School Korea, Ada 4 guru SMAN 3 Padang Panjang yaitu Fitra Murni AR, S.Pd (lead teacher), Rosalina, S.Pd (teacher), Devi Anggreni, S.Kom (teacher) dan Elfa Susanti, S.Sn (teacher), Sebaliknya dari pihak Gangwon Foreign Language High School ada tiga guru yaitu:Lee Jong Eun (lead teacher), Ryu Jin Seon (teacher) and Kim Dong Shin (teacher).

Pada tanggal 20 dan 21 Juli 2023 ini telah terlaksana pembelajaran dua arah yang dilakukan oleh guru SMAN 3 Padang Panjang dan guru Gangwon Foreign Language High School. Pada kesempatan pertama, pembelajaran diberikan untuk siswa Gangwon Foreign Language High School, Korea. Pemebelajaran diberikan oleh Fitra Murni AR, S. Pd dengan materi Indonesia in General, memperkenalkan Indonesia secara umum. Di akhir pembelajaran, ada sesi tanya jawab dari lima orang siswa Korea yang sangat antusias tentang Indonesia dan ingin mengetahui Indonesia lebih jauh lagi. Pertanyaan tersebut dijawab oleh dua siswa SMAN 3 Padang Panjang, yaitu Insyania dan Mutiara kelas XII IPA 1. Bahkan, mereka menyatakan untuk bisa berkunjung ke Indonesia nantinya. Pembelajaran ditutup dengan Quiz (Kahoot) untuk mengetahui pengetahuan siswa Gangwon Foreign Language High School Korea setelah diberikan pembelajaran. Mereka sangat bahagia karena ada 10 pemenang yang akan mendapatkan hadiah dari SMAN 3 Padang Panjang.


Selanjutnya, pada tanggal 21 Juli 2023 pembelajaran dilakukan oleh guru Gangwon Foreign Language High School yang diberikan oleh Lee Jong Eun dengan penampilan siswanya. Mereka memberikan pembelajaran budaya yaitu K-Pop dance. Mereka mempresentasikan tentang sejarah K- Pop dan mempraktekan K- Pop Dance kepada siswa SMAN 3 Padang Panjang. Siswa SMAN 3 Padang Panjang sangat antusias dan senang bisa langsung berkolaborasi dengan siswa Gangwon Foreign High School, Korea.
Pengajaran dua arah ini memberikan ruang kepada guru- guru dan siswa- siswa dari dua sekolah berbeda dan negara berbeda untuk bisa saling menghargai perbedaan, toleransi dan yang tidak kalah pentingnya sesuai dengan salah satu profil pelajar Pancasila yaitu berkebinekaan Global dan Global Citizen yang merupakan salah satu bentuk dari GCED yang dikembangkan oleh UNESCO.

Semoga kegiatan berikutnya bisa berjalan lancar, Aamiin. Terima kasih, Kemdikbudristek RI, Kementrian Pendidikan Korea dan APCEIU, UNESCO sehingga program yang luar biasa ini bisa terwujud.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *