PHBI MEMFASILITASI PELAKSANAAN SHALAT IED

banner 120x600
banner 468x60

Ketua PHBI Tanah Datar Richi Aprian.(Foto : M Syukur).

Tanah Datar (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Setelah tiga tahun ditutup akibat dilakukan renovasi, akhirnya hari ini Jumat (21/4) ribuan umat Islam di sekitar Kota Batusangkar, kembali padati lapangan Cindua Mato untuk melaksanakan shalat Idul Fitri tahun 1444 Hijriah.

banner 325x300

Ya, setelah dibuka beberapa bulan lalu, tahun ini pemerintah Kabupaten Tanah Datar memutuskan untuk kembali melaksanakan shalat Ied dilapangan Cindua Mato. Dan keputusan ini disambut baik oleh masyarakat, dibuktikan dengan tumpah ruahnya jamaah yang memilih melaksanakan shalat Ied di lapangan tersebut.

Bupati Eka Putra menyampaikan, rangkaian kegiatan yang telah dilakukan oleh umat islam sejak tanggal 1 Ramadhan hingga bulan Syawal adalah perjalanan spiritual yang tidak akan didapatkan di bulan-bulan lainnya.

Dikatakannya, selama bulan Ramadhan umat islam telah melaksanakan banyak ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah. disisi lain, pada bulan Syawal juga merupakan moment spiritual lainnya yang mendekatkan hubungan sesama manusia.

Ketika bulan Syawal datang mari kita bersihkan hati, hilangkan rasa benci dan mari kita jalin silaturahmi. Mari kita pertahankan segala yang baik yang kita jalani selama Ramadan dan Syawal ini kita lanjutkan mengisi hari-hari kita dengan ibadah yang semakin mendekatkan kita kepada Allah dan kita jaga silaturahmi yang mendekatkan kita dengan sesama manusia. Semoga dengan kita menjaga hablumminallah dan hablumminannas, kita akan mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat,” ujarnya.

Eka Putra juga mengajak para perantau yang saat ini banyak pulang kampung untuk ikut menyaksikan event-event yang akan digelar dalam waktu dekat ini di Tanah Datar, seperti Selaju Sampan di Tigo Jangko, Alek Nagari Andaleh, Pesona Kacang Barandang nagari Sawah Tangah, Rang Sungayang Mangiak Alek dan Alek Nagari Pacu Kuda Open Race dan Tradisional yang akan digelar di lapangan Dang Tuanku Bukit Gombak.

Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian selaku Ketua PHBI mengatakan, pelaksanaan shalat Idul Fitri tahun ini mempunyai makna tersendiri, karena bisa kembali dilaksanakan di lapangan Cindua Mato ini.

Sejak dilakukan renovasi sejak tahun 2019 yang lalu, sekarang lapangan ini sudah bisa kita pakai secara efektif. Alhamdulillah sejak dibuka sudah banyak kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di lapangan Cindua Mato termasuk tadi malam kita menyelenggarakan festival takbiran tingkat kabupaten Tanah Datar,” sampainya.

Dikatakan Wabup, terkait adanya perbedaan didalam menetapkan datangnya tanggal 1 Syawal tahun ini, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) akan memfasilitasi pelaksanaan shalat Ied bagi umat Islam yang menganut perhitungan hisap maupun dengan melihat hilal.

Jadi PHBI Tanah Datar memfasilitasi pelaksanaan shalat Ied pada hari ini dan juga besok. PHBI juga telah berupaya merangkul seluruh masjid dan mushalla yang berada di sekitar kita Batusangkar untuk bersama-sama melaksanakan shalat Ied dilapangan Cindua Mato ini,” ujarnya.

Wabup Richi menjelaskan, untuk pelaksanaan shalat Ied dilapangan Cindua Mato tahun ini didukung oleh lima masjid yang ada disekitar kota Batusangkar, diantara Masjid Ikhsan Pasar Batusangkar, Masjid Raya Lantai Batu, Masjid Taqwa Parak Juar, Masjid Muhammadiyah dan Masjid Amaliyah Kampung Baru.

Wabup Richi juga sampaikan, pada pelaksanaan shalat Ied hari ini yang akan berlaku sebagai khatb adalah DR. H. Ismail Novel, dan yang akan menjadi Imam adalah Yuliardi, S. Pdi yang merupakan Qori dari Tanah Datar.

Di kesempatan yang sama, Ketua DPRD Tanah Datar H. Rony Mulyadi menyampaikan ucapan selamat datang kepada para perantau yang telah sampai di kampung halaman untuk merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga dan sanak familinya.

Ketua DPRD Tanah Datar,H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu menyampaikan, Idul Fitri tahun ini merupakan hal yang spesial baginya, karena bisa bersama-sama melakukan shalat Ied di lapangan Cindua Mato Batusangkar. (MSR).

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *