RAIH ADIPURA, WAKO SOLOK SERAHKAN REWARD PADA PETUGAS KEBERSIHAN

Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar serahkan piala Adipura kepada Sekretaris DLH, Sisvamedi, Jumat (8/3) pagi.(Foto : Eli)

Kota Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Kota Solok kembali raih penghargaan Piala Adipura tahun 2023. Penyerahan Piala Adipura diserahkan Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar kepada Sekretaris DLH, Sisvamedi, serta penyerahan reward secara simbolis diberikan kepada perwakilan petugas kebersihan Rahmayanti dan Rahmat Putra Herianto, pada apel gabungan , Jumat (8/3) pagi.

“Alhamdulillah, berkat kerja sama pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat untuk mendukung terciptanya lingkungan yang bersih, penghargaan Piala Adipura kembali kita dapatkan,” ucap Wako di tengah guyuran rintik hujan kepada peserta apel gabungan ASN Pemko Solok.

Adipura merupakan salah satu instrumen pemerintah dalam mendorong penerapan kebijakan lingkungan dengan pendekatan wilayah, penerapan kebijakan persampahan penghijauan.

Piala Adipura diberikan untuk beberapa kategori yaitu Sertifikat Adipura, Plakat Adipura, Piala Adipura dan Adipura Kencana. Pada setiap jenis penghargaan terdiri dari empat kategori, yakni kota kecil, kota sedang, kota besar dan kota metropolitan. Disebutkan Kota Solok mendapat penghargaan Piala Adipura kategori Kota Kecil.

“Keberhasilan kita dalam meraih Adipura tahun 2023 adalah tidak terlepas dari usaha Kota Solok melakukan kegiatan pengurangan sampah sebesar 18% yang berasal dari sumbernya. Hal ini sesuai dengan Kebijakan Strategi Daerah (Jakstrada) Kota Solok tahun 2023 dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga,” ungkap Wako Zul Elfian.

Wako menyampaikan, semoga semua elemen dapat berkontribusi dalam meningkatkan pengelolaan lingkungan, terutama dalam mengolah sampah dari lingkungan sekitar, sehingga bisa membawa Adipura Kencana untuk Kota Solok dan mewujudkan Kota Solok Berjuara (Berkah, maju dan Sejahtera).

Penerima simbolis reward, Rahmayanti dan Rahmat Putra Herianto mewakili rekan-rekannya mengatakan mereka sangat senang Kota Solok meraih kembali penghargaan Adipura tahun 2023, dan berterima kasih kepada pemerintah Kota Solok atas pemberian reward masing-masing Rp2 juta yang dijanjikan dalam bulan Maret ini.

Rahmayanti juga berharap semoga Piala Adipura dapat dipertahankan bersama, dan semoga apa yang dilakukan pasukan oren menjadi ladang amal berguna buat masarakat Kota Solok tercinta ini.

“Saya bangga menjadi tim oren, tim oren yang tak lakang dek paneh, tak lapuak dek hujan,” tuturnya.

Selanjutnya, Sekretaris DLH, Sisvamedi, menyampaikan, semoga reward yang diterima menjadi berkah di Bulan Suci Ramadhan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Apel gabungan ditutup dengan salam-salaman antara Walikota Solok dengan peserta apel gabungan dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan, dan dilanjutkan arak-arakan Piala Adipura mengitari jalanan utama Kota Solok yang diarak oleh Sekretaris Daerah Kota Solok, Syaiful A dari atas mobil bak terbuka diikuti oleh parade mobil truk pengangkut sampah dan ratusan petugas kebersihan.(Eli)

Penulis : Eli

Editor       : Redminakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *