SEKOLAH SDN 06 TANAH GARAM DI NILAI TIM VERIVIKASI ADIWIYATA

banner 120x600
banner 468x60

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solok melakukan kunjungan ke SD Negeri 06 Tanah Garam, Kota Solok, Senin (20/3).

Kota Solok (Sumbar) MINAKONEWS.COM – Tim verifikasi Calon Sekolah Adiwiyata Provinsi Sumatera Barat yang dipimpin Dr. Aulia Azhar dan M. Sidik Pramono, didampinggi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solok melakukan kunjungan ke SD Negeri 06 Tanah Garam, Kota Solok, Senin (20/3).

banner 325x300

Kedatangan rombongan tim verifikasi disambut dengan lagu inovasi sekolah yang ditampilkan oleh sejumlah murid Kader Adiwiyata SDN 06 Tanah Garam.

Kepala DLH Kota Solok yang diwakili oleh Kabid Lingkungan Hidup, Agus Susanto menyampaikan terima kasih kepada kepala sekolah yang telah mempersiapkan dan menyambut tim verifikasi dengan baik.

Tujuan utama kedatangan tim verifikasi bersama DLH dalam rangka untuk melakukan penilaian langsung terhadap sekolah yang telah diusulkan ke provinsi sebagai calon Sekolah Adiwiyata tingat provinsi,” tuturnya.

Dari semua sekolah di Kota Solok yang ikut berkompetisi dalam kegiatan Sekolah Adiwiyata, ungkapnya, hanya 11 sekolah yang diajukan oleh DLH Kota Solok untuk Calon Sekolah Adiwiyata, dan yang lolos administrasi hanya dua sekolah di Kota Solok, salah satunya SDN 06 Tanah Garam.

Kepada para Kader Adiwiyata, Agus Susanto menyampaikan harapannya agar terus aktif menggerakkan warga sekolah dan warga sekitarnya dalam menerapkan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah atau lebih dikenal sebagai Gerakan PBLHS.

Selanjutnya, Kepala SDN 06 Tanah Garam, Ermalinda, S,Pd mengucapkan selamat datang kepada tim penilai dan memaparkan profil dan prestasi yang dicapai oleh sekolah.

SD Negeri 06 Tanah Garam Kota Solok berhasil meraih penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Kota Solok tahun 2021. Berkat kerjasama guru dan murid SDN O6 telah mampu menjadikan lingkungan sekolah yang memenuhi kriteria seperti memiliki tanaman obat, warung hidup, hidroponik, sumur resapan dan kebiasaan murid yang tidak menggunakan plastik.

Menjadi sekolah yang peduli dengan lingkungan, berbudaya bersih dan sehat itu sudah kegiatan rutin sekolah ini agar semua warga sekolah menjadi nyaman beraktifitas di sekolah dengan harapan jika keberadaan mereka sudah nyaman maka akan menggulirkan berbagai prestasi di berbagai bidang,“ kata Ermalinda.

Dalam penilaian yang dilakukan, tim verifikasi memastikan kesiapan sekolah yang telah menjalankan perilaku ramah lingkungan hidup dan peduli lingkungan dan mengecek keadaan fisik sekolah di setiap sudut. Selain verifikasi data dan fisik tim penilaian juga melakukan sesi tanya jawab dengan Kader Adiwiyata terkait tugas dan fungsi kader.

Para siswa Kader Adiwiyata mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh tim penilai dengan sangat baik.(Eli)

Penulis :Elita Susanti

Editor :Red MINAKONEWS

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *