Siswa SD N 10 PPB Membatik di Canting Buana

Siswa SD N 10 Padang Panjang Barat (PPB) lakukan studi edukatif ke Canting Buana Kreatif, Senin (2/10).(Foto : Adi).

Padang Panjang (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Memperingati Hari Batik Nasional, seluruh siswa SD N 10 Padang Panjang Barat (PPB) lakukan studi edukatif ke Canting Buana Kreatif, Senin (2/10).

Murid kelas I hingga kelas VI membatik bersama. Mereka mengikuti kegiatan itu dengan riang gembira.

Kepala SDN 10 PPB, Desna Yanty, S.Pd mengatakan, batik telah menjadi warisan dunia dan merupakan ciri khas dari budaya Indonesia.

Kegiatan membatik ini bertujuan mengembangkan pola pikir, sikap, serta kemampuan motorik anak-anak melalui menggambar motif batik serta meningkatkan kreativitas anak,” kata Desna.

Dikatakannya, batik memang sangat apik, keren, dan mampu mencitrakan keindahan dan kekhasan daerah, suku, dan adat yang tidak sedikit jumlah corak dan keindahannya. Seperti khas dari Minang, yaitu Batik Tanah Liek.

Guru SD N 10 PPB, Fitri Kumala Sari, S.Pd.Gr menambahkan, melalui kegiatan membatik anak-anak dapat berkreasi sesuai kreativitas, imajinasi dan keinginannya sendiri.

Hal inilah yang membuat kegiatan ini menarik bagi anak. Selain itu, anak juga lebih aktif, inovatif, serta percaya diri ketika melakukan kegiatan serta mengenalkan budaya bangsa sendiri. Sehingga timbul rasa nasionalisme,” ujarnya.

Kegiatan membatik merupakan kegiatan yang dilakukan menggunakan kain putih yang diberi warna dengan alat lukis yaitu canting sebagai bahan dalam membatik teknik lukis. Kegiatan membatik adalah aktivitas yang dilakukan dengan menggambarkan beberapa motif khas batik.

Adapun peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk membatik yaitu lilin batik atau malam, canting untuk membatik di atas kain. Kemudian kuas untuk mewarnai kain batik, gelas air mineral bekas untuk wadah pewarna. (Adi).

Penulis : Adi

Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *