VOLUME SAMPAH DI KOTA SOLOK MENINGKAT SELAMA RAMADHAN

Tampak tempat sampah yang di sediakan DLH penuh.(Foto : Eli)

Kota Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Pemerintah Daerah Kota Solok melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solok menyatakan terjadi peningkatan volume sampah akibat banyaknya sisa makanan selama Bulan Ramadhan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah Bahan Berbahaya Beracun dan Peningkatan Kapasitas, Asril, SE, meskipun ia belum dapat memperkirakan banyaknya selisih kenaikan sampah tersebut, Senin (25/03).

” Jumlah pasti banyaknya sampah belum dapat kami sampaikan, namun dilihat dari volume di setiap Tempat Pemilahan Sementara (TPS) Kota Solok dapat dilihat ada peningkatannya, ini berdampak karena intensitas bahan rumah tangga selama bulan Puasa bertambah, mulai dari rumah tangga hingga rumah makan, resto-resto dan dari aktivitas pedagang takjil musiman, peningkatannya selama 2 minggu ini diperkirakan mencapai 10-15%, karena memang di bulan Ramadhan ini konsumsi khususnya masyarakat yang berpuasa meningkat, otomatis sampah makanan akan meningkat pula,” beber Asril.

Untuk sampah rumah tangga Dinas Lingkungan Hidup membudidayakan pakan ternak Maggout, masyarakat juga sudah mulai mengolah sampah, di tiap Kelurahan juga sudah ada rumah-rumah maggot. Ini bisa dimanfaatkan untuk mengolah sampah, khususnya sampah-sampah organik, sehingga sampah menjadi berkurang di Tempat Pembuangan Akhir.

Ia pun mengimbau agar warga Kota Solok bisa menahan sampah sisa makanan yang berlebihan serta dapat memilah sampah organik dan an-organik di lingkungan masing-masing.

Selain sampah dari rumah tangga, peningkatan produksi sampah juga terjadi di pasar Raya Kota Solok.(Eli)
Penulis : Eli
Editor : Redminakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *