WAKO SOLOK BUKA BIMTEK GURU DAN SISWA OSN

Walikota Solok Zul Elfian Umar saat membuka Bimbingan Teknis Guru dan Siswa Pendampingan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMP Tahun 2024 Aula Mami Hotel Kota Solok, Senin (19/02).(Foto :Eli)

Kota Solok (Sumbar),MINAKONEWS.COM – Guru memiliki peran penting dan tanggung jawab besar dalam membentuk karakter generasi bangsa yang berbudi pekerti luhur dan unggul dalam bidangnya , Guru juga sebagai pelaku penggerak pembangunan sumber daya manusia (SDM)

Demikian disampaikan Walikota Solok Zul Elfian Umar saat membuka Bimbingan Teknis Guru dan Siswa Pendampingan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMP Tahun 2024 Aula Mami Hotel Kota Solok baru-baru ini.

Pada kesempatan tersebut Walikota Zul Elfian mengatakan, meski saat ini aktivitas pembelajaran dapat dilakukan melalui sarana teknologi yang berinteraksi jarak jauh, kehadiran seorang guru tidak dapat digantikan oleh perangkat teknologi tersebut.

“ Suri tauladan dalam proses pembelajaran formal, menjadi aspek penting bagi perkembangan karakter para siswa, dalam bahasa kekinian membentuk Profil Pelajar Pancasila,” tegasnya.

Juga disampaikan, sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan dalam konteks pembelajaran yang dilombakan dalam Olimpiade, merupakan cabang ilmu yang implementasinya paling sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan tersebut Walikota Solok berharap, hasil dari pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas guru dalam memberikan pelajaran memperbaiki kualitas belajar mengajar khususnya pelajaran MIPA dan menjadikan sebagai bidang studi unggulan, yang kemudian dapat mencetak siswa siswi untuk mampu bersaing dan meraih prestasi dalam berbagai seleksi atau perlombaan tingkat lokal maupun nasional.

“Semoga peserta dapat mengikuti bimtek ini sebaik mungkin dan bisa mengimplementasikannya di sekolah-sekolah. Sehingga siswa dapat belajar dengan lebih baik dan menyenangkan. Semoga dengan mengikuti program ini menjadi salah satu upaya mencetak generasi emas Kota Solok yang lebih berkualitas,” jelas Walikota Solok.

Dengan hasil Bimtek ini, diharapkan Kota Solok dapat berkiprah mewujudkan standar nasional pendidikan untuk menjamin mutu pendidikan sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, di mana keberpihakan pada murid menjadi orientasi utamanya.

Kunci dari keberhasilan pendidikan di Indonesia, kata Zul Elfian Umar, adalah dengan terlebih dahulu dengan mempersiapkan guru yang terampil.

“ Diharapkan dengan adanya Bimbingan Teknis Guru Pendamping Olimpiade Siswa ini, para guru bisa menjadi tenaga pengajar yang mumpuni. Apalagi untuk saat ini guru harus didukung pula dengan penguasaan IT guna menunjang pembelajaran,”pesannya.(Eli)

Penulis :Eli

Editor :Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *