WAKO SOLOK IKUTI RAKOR PENGENDALIAN INFLASI

banner 120x600
banner 468x60

Wali Kota Solok, H. Zul Elfian Umar, SH, M.Si mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Nasional, pada Senin (08/05).(foto Eli)

Kota Solok (Sumbar) MINAKONEWS.COM – Wali Kota Solok, H. Zul Elfian Umar, SH, M.Si mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Nasional, pada Senin (08/05), bertempat di Ruang Rapat Wali Kota Solok.

banner 325x300

Rakor virtual yang dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian ini, dan terhubung dengan kementerian terkait, serta provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia, juga dihadiri Asisten II Sekda Kota Solok, Jefrizal, kepala OPD terkait lingkup Pemko Solok, serta Ketua KADIN Kota Solok.

Rakor rutin ini membahas penanganan inflasi daerah yang merupakan pembahasan lanjutan dari Rakor sebelumnya telah dilaksanakan pada 3 Mei 2023.

Dalam paparannya, Tito Karnavian menyampaikan bahwa, “pengendalian inflasi memperlihatkan hasil yang positif dan relatif baik. Pasalnya, berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) per 2 Mei 2023, angka inflasi bulan April 2023 hingga saat ini masih bertahan sebesar 4,33 persen”.

Upaya pengendalian inflasi yang salah satunya dilakukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) secara tidak langsung telah memberikan dampak positif terhadap pengendalian harga pokok,” ucapnya.

Tito Karnavian menerangkan bahwa kondisi inflasi 10 provinsi, kabupaten/kota dengan IPH tertinggi Provinsi Riau berada menempati urutan ke-10 dengan angka angka 4,9 persen dan IPH tertinggi. Untuk itu masing-masing kepala daerah untuk terus menjaga Inflasi.

Bahkan menurutnya, sinergi pemerintah pusat dan pemerintah daerah sangat diperlukan guna kesiapsiagaan dalam menghadapi krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan. (Eli)

Penulis : Eli

Editor : Red Minakonews

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *