WAKO SOLOK TERIMA PENGHARGAAN KOTA PEDULI HAM

Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar menerima penghargaan Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM).(Foto : Eli)

Kota Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar menerima penghargaan Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi didampingi Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar, Haris Sukamto pada puncak peringatan Hari HAM Sedunia ke-75 Tahun 2023, di Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar, Kota Padang, Senin (18/12/23).

Turut mendampingi, Kabag Hukum Setda Kota Solok, Deni Hariatis. Tampak hadir, Kepala Ombudsman Padang, Jajaran Kanwil Kemenkumham Sumbar, beserta 14 daerah lain penerima penghargaan kabupaten/kota peduli HAM.

Wako Zul Elfian Umar usai meraih penghargaan tersebut mengatakan, Kota Peduli HAM merupakan upaya pemerintah daerah kabupaten/kota untuk meningkatkan peran dan tanggung jawabnya dalam penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM.

Penghargaan ini adalah hasil kerja keras seluruh perangkat daerah serta dukungan dari masyarakat Kota Solok. Penghargaan ini tentu menjadi motivasi dan semangat kerja kita dalam pemenuhan hak dasar masyarakat Kota Solok.

Ia berharap agar penghargaan ini bisa menjadi tanggungjawab bersama. Oleh karena itu, sinergi dan kerjasama antar stakeholder baik OPD dan Instansi di lingkungan Pemerintah Kota Solok perlu diperkuat, khususnya terkait implementasi HAM dalam aturan, penerapan kebijakan, maupun dalam pelaksanaan program kerja masing-masing stakeholder.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar, Haris Sukamto mengatakan, terdapat beberapa parameter penilaian untuk menetapkan suatu daerah menjadi Kota Peduli HAM.

Aspek tersebut mencakup hak atas bantuan hukum, hak atas informasi, hak turut serta dalam Pemerintahan, hak atas keberagaman dan pluralisme, hak atas kependudukan, kesehatan, pendidikan, pekerjaan, lingkungan yang baik, sehat, hak atas perumahan yang layak, serta hak perempuan dan anak.

Dalam peringatan Hari HAM Sedunia ke-75, merupakan suatu momentum menyampaikan semangat persatuan dan toleransi dalam menyuarakan perdamaian dan pemahaman publik mengenai isu HAM.

Penghargaan ini juga sebagai salah satu cara Kementerian Hukum dan HAM RI dalam memberikan motivasi kepada pemerintah kabupaten/kota untuk melaksanakan pemenuhan HAM di daerahnya.

Senada dengan itu, Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan semangat dalam peringatan HAM sedunia ke-75 Tahun 2023 sesuai tema ‘harmoni dalam keberagaman’ agar benar-benar bisa kita lakukan dan sesuai juga dengan tagline #Bedauntukbersatu.

Ini merupakan suatu cara kita memberikan pemahaman bagaimana memahami perbedaan dan melakukan harmonisasi. Karena, sudah sepatutnya seluruh jajaran pemerintah di Indonesia mulai dari pemerintah Kabupaten/Kota, Pemerintah Provinsi dan Nasional semuanya betul-betul bisa menunaikan apa yang menjadi Hak Asasi Manusia.

” Kami ucapkan selamat dan apresiasi serta ucapan terimakasih kepada 15 kepala daerah yang mendapatkan penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM RI kali ini. Semoga tahun depan seluruh kabupaten dan kota di Sumbar akan mendapatkan pemghargaan ini,” tutup gubernur.(Eli)
Penulis : Eli
Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *