WAWAKO SOLOK BUKA KEGIATAN GALANGGANG ARANG

banner 120x600
banner 468x60

Wakil Walikota Solok, Dr.H.Ramadhani Kirana Putra Membuka Kegiatan “Galanggang Arang” tahun 2023 dan Solok Creative Festival.(Foto : Eli).

Kota Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Wakil Walikota Solok, Dr.H.Ramadhani Kirana Putra Membuka Kegiatan “Galanggang Arang” tahun 2023 dan Solok Creative Festival bertempat di stasiun Kereta Api Kota Solok. Kamis (14/12/2023)

banner 325x300

Wawako Mengatakan, Penetapan Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS) oleh UNESCO Tahun 2019 menjadi pengakuan terhadap arti penting peninggalan tersebut bagi peradapan dunia.Penetapan WTBOS membawa konsekuensi untuk adanya kegiatan aktivasi dan penguatan ekosistem yang dilakukan oleh semua pihak.

Salah satu kegiatan yang diadakan adalah “Galanggang Arang” yang dihelat di 8 (delapan) kabupaten/kota (termasuk Kota Solok) yang dahulunya menjadi jalur dan memiliki stasiun Kereta Api untuk tambang batubara Ombilin
Sawahlunto.Stasiun Kereta Api Solok yang selesai dikerjakan oleh pemerintah kolonial Belanda pada Tahun 1891.

Pemerintah Kota Solok sangat bangga dan mengapresiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknololgi
(Kemendikbudristek) yang menjadikan Kota Solok sebagai rangkaian penutup dari kegiatan “Galanggang Arang” yang telah diawali pagelarannya sejak Bulan Oktober lalu dan perhelatan sekarang bertepatan dengan HUT Kota Solok yang ke 53 Tahun.

Stasiun Kereta Api Solok sebagaimana telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya pada Tahun 2017 merupakan rangkaian jalur Padang Panjang-Solok yang juga diselesaikan pada Tahun 1891.Stasiun Solok pada masa kolonial Belanda menjadi salah satu stasiun besar dari ke tiga stasiun besar yang ada di Sumatera Barat selain Stasiun Padang dan Stasiun Padang Panjang.

Kami berharap Galanggang Arang dapat menjadi wadah gotong royong bagi segenap pemangku kepentingan untuk bersama-sama menggali nilai dari Cagar Budaya(CB) dan Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK) yang tersebar di sepanjang Kawasan Warisan Dunia ini”.Jelas Wawako.(Eli)
Penulis : Eli
Editor : Red minakonews

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *