1000 Lapek Kuniang Hiasi Pembukaan Festival Adat Salingka Nagari

Bupati Tanah Datar Eka Putra disambut dengan tari Pencak Silat.(Foto : M Syukur).

Tanah Datar (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM. membuka secara resmi Program Unggulan (Progul) Satu Nagari Satu Event bertajuk Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung, di Istano Silinduang Bulan, Sabtu (7/10/2023).

Berlangsung dari tanggal 7 sampai dengan 8 Oktober 2023, acara itu dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, dari 1000 Lapek Kuniang, Arak-arakan, Makan Bajamba, Jelajah Wisata Alam Pagaruyung, Permainan Anak Nagari dan Lomba Yasinan.

Bupati Eka Putra menyebutkan, digelarnya Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung akan memberikan multiplier effect bagi masyarakat sekitar seperti penyelenggaraan Progul Satu Nagari, Satu Event di Nagari-Nagari sebelumnya.

Harapan kita, melalui Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung banyak manfaat yang akan didapat. Tetapi yang paling penting ialah mengenalkan kembali adat, budaya dan kekayaan budaya Nagari Pagaruyung ke Masyarakat,” ujarnya.

Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Pagaruyung Darur Qoror Sultan dr. H. M. Farid Thaib Tuanku Abdul Fatah mengucapkan rasa terima kasihnya atas terselenggaranya Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung melalui Progul Satu Nagari Satu Iven.

Alhamdulillah, melalui kegiatan ini masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas dilingkungan Istano Silinduang Bulan, yang memang diperuntukan bagi masyarakat dan terima kasih ke Pemerintah Daerah atas telenggaranya kegiatan ini,” ujarnya.

Tokoh Masyarakat Eri Hendri. S.P berharap Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung dapat berjalan dengan lancar mulai dari pembukaan hingga penutupan acara tersebut.

Wali Nagari Pagaruyung Irmaidinal, Dt. Mogek mengatakan Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung sebagai wadah bagi anak nagari untuk menjalin silaturahmi satu dengan lainnya.(MSR).

Penulis : M Syukur

Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *