57 ORANG WARTAWAN IKUTI KEGIATAN ORIENTASI LAPANGAN

banner 120x600
banner 468x60

Sebanyak 57 orang wartawan Kota Solok dari Media Cetak, Elektronik maupun Online mengikuti kegiatan Orientasi Lapangan Jurnalistik.(Foto : Eli).

Kota Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Pemerintah Daerah Kota Solok melalui Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Solok mengajak Sebanyak 57 orang wartawan Kota Solok dari Media Cetak, Elektronik maupun Online mengikuti kegiatan Orientasi Lapangan Jurnalistik ke Kota Pekan Baru Provinsi Riau.

banner 325x300

Orientasi Lapangan Jurnalistik tersebut diikuti oleh sejumlah wartawan Kota Solok yang di dampingi oleh Diskominfo Kota Solok selama 4 hari, mulai dari tanggal 21 s/d 24 November 2023

Dibawah komando Alwa Dudi, Kabid IKP Dinas Kominfo Kota Solok, rombongan wartawan Solok tersebut menyambangi Kantor Dinas Kominfo Kota Pekan Baru yang diterima langsung oleh Plt. Sekretaris Dinas Kominfo, Darma Alam Rabu (22/11) di Aula Kantor Dinas Kominfo setempat

Dalam pertemuan tersebut, Alwa Dudi memperkenalkan seluruh rombongan ke Diskominfo Kota Pekan Baru seluruh peserta yang hadir. Tidak ketinggalan, Alwa juga memperkenal Ketua PWI Kota Solok Zul Nazar, Ketua MOI Solok, Wahyu Yudistira, Ketua F-KUWAS Solok, Roni Natase serta Ketua IJTS, Miler Krisdoni.

Orientasi Lapangan Jurnalistik yang digelar para kuli tinta asal serambi Medinah ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan profesionsal sebagai wartawan. Selain itu, kehadiran para jurnalistik ini juga menguji kompetensinya sebagai ajang untuk belajar dan menambah wawasan

Sebelumnya, pada tanggal 20 November 2023 sejumlah wartawan Solok yang di jembatani oleh Diskominfo Kota Solok mendapat Bimbingan Teknis Jurnalistik wartawan yang bertugas diwilayah Kota Solok, terang Alwa.

Sebagai salah satu tempat yang akan dikunjungi oleh peserta Orientasi Lapangan Jurnalistik, Plt. Sekretaris Dinas Kominfo Kota Pekan Baru, Darma Alam sangat berterima kasih kepada Dinas Kominfo Kota Solok yang telah memilih Dinas Kominfo Pekan Baru sebagai tempat sharing tentang dan pengelolaan media

Darma Alam menyebutkan bahwa jurnalis yang ada di Kota Nenas ini ada sekitar 5000 orang, namun yang produktif dan terdaftar di diskominfo Kota pekan Baru berkisar 320 orang. Teknis perekrutan jurnalis yang kami laksanakan berupa pendaftaran secara online, ujarnya.

Selain itu, Data Sosial dan Ekonomi Tahun 2022 Kota Pekan Baru dengan Pertumbuhan Ekonomi sebesar 6,78%, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 82,06, Kemiskinan sebesar 3,06%, Pengangguran sebesar 5,40%, Gini Rasio sebesar 0,397, Realisasi PMON sebesar 5,46% dan Usia Harapan Hidup pada 72,7 tahun serta Rata-rata Lama Sekolah pada 15,56 tahun

“Untuk Tahun 2023 ini Kota Pekan Baru bekerja sama dengan Media Online (Website) sebanyak 242 Media dengan nilai kontrak sebesar Rp. 2,5 juta/Terbit dan 74 Media Cetak (Koran/Buletin/Majalah) dengan nilai kontrak sebesar Rp. 4 juta/Terbit serta 8 Media Elektronik (Radio/TV) dengan kontrak sebesar Rp. 120 ribu/Spot dan Rp. 1 juta/Spot”

Sedangkan Media Sosial yang dimiliki Pemerintah Kota Pekan Baru adalah Website Pekanbaru.go.id, Youtube Info Pemko Pekanbaru, Kontak Pemko Pekanbaru dan Facebook Kontak Pemko Pekanbaru serta Tik Tok PemkoPekanbaru disamping juga mempunyai Inovasi Kerjasama Secara Online yakni mitrakominfo. pekanbaru.go.id.

Selain mengunjungi Diskominfo Kota Pekan Baru, rombongan orientasi jurnalistik Kota Solok juga mengagendakan kunjungan ke Redaksi Riau Pos pada Kamis (23/11). Rombongan diterima langsung oleh Pimpinan Redaksi Riau Pos Group Firman Agus asal Padang Panjang Sumatra Barat yang juga alumni Unand Padang.

Bersama Firman Agus, peserta orientasi lapangan jurnalistik melakukan sharing informasi. Ia menyebutkan, Riau Post mampu bertahan dari pandemi covid 19 hingga sekarang ini dan masih berkibar, itu berkat kerja sama Tim dilapangan dengan CEO Riau Post. Tidak dipungkiri, saat ini Riau Post merupakan Media yang terbesar di bumi lancang kuning ini, hal itu mampu dipertahankan karena kami bisa menciptakan terobosan terobosan terbaru di berbagai bidang. Kita mampu mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi dibidang promosi jurnalistik, paparnya. (Eli)

Penulis : Eli

Editor. : Red minakonews

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *