APIKES IRIS GELAR WISUDA KE – XX SEBANYAK 38 LULUSAN YANG SIAP PAKAI

Para wisudawan bersama staff akademik photo bersama usai pelantikan di hotel Truntum Padang Kamis (02/11/2023)
(Photo : Edril)

Padang (Sumbar),
MINAKONEWS.COM – Akademi Perekam dan Informasi Kesehatan ,(APIKES) Iris Padang kembali mewisuda sarjana baru. melalui rapat senat terbuka di hotel truntum Padang Kamis (02/11/2023).

Sarjana Diploma Tiga (D.III) program studi (Prodi) Ilmu Rekam Medis yang diwsuda tahun akademik 2022/2023 ini berjumlah 38 lulusan, Dengan wisuda yang ke XX, maka APIKES Iris sejak berdirinya
tahun 2000 menghasilkan alumni sebanyak 1433 lulusan

Dari sejumlah wisudawan tersebut terdapat 3 orang diantaranya dinyatakan sebagai lulusan terbaik, yaitu terbaik satu bernama Muhammad Naufal, lulusan terbaik kedua Rindy sakila, kemudian terbaik ketiga Monika Apriliani, sementara yang mempunyai nilai cumlaude ada sebanyak 13 orang dengan nilai IPK 3,50 sampai 3,98.

Direktur APIKES Iris Padang, Sayati Mandia, M.Sc mengatakan kepada awak media, lulusan APIKES Iris Padang 90 persen diantaranya sudah bekerja pada Rumah Sakit pemerintah dan swasta, Aparatur Sipil Negara (ASN), Klinik dan di Tempat-tempat pelayanan kesehatan yang tersebar dipelosok Indonesia dan bahkan keluar negri seperti negara Malaysia,”ucap Sayati.Mandia.

Tahun 2020 Indonesia dilanda Covid-19 (pandemi), pada masa itu para mahasiswa terus berjuang belajar dengan sistim daring dan zoom. melalui whatsApp, Alhamdulillah bisa melewatinya dan akhirnya berhasil diwisuda tahun.sekarang 2023 dengan jumlah lulusan sebanyak 38 orang.

Untuk prodi rekam medis yang lulusan sekarang merupakan satu-satunya di Indonesia yang mahasiswanya melakukan Praktek Lapangan (PL) di rumah sakit Malaysia. Dalam 2 tahun ini APIKES Iris telah mengirimkan mahasiswa untuk melakukan (PL) di rumah sakit nasional dan Internasional.

Saat ini APIKES Iris telah mengadakan kerjasama dengan rumah sakit Malaysia. Syarat untuk pengiriman mahasswa ke luar negri harus bisa bahasa Inggris dan punya prestasi akademik yang bagus.

Untuk kedepannya APIKES Iris Padang akan mengadakan kerjasama dengan pihak pemerintah Australia, saat ini masih dalam penjajakan, mudah-mudahan kedepan bisa terlaksana dan berjalan dengan baik,” harapan Sayati.

Lebih lanjut Sayati menyampaikan.pada bulan Septembet 2023 APIKES Iris sudah menambah satu Prodi baru, setelah keluar SK Kementerian baru mulai dilaksanakan penerimaan mahasiswa baru untuk sarjana terapan (D4) dengan program studi baru (Prodi) yaitu, Manajenen Informasi Kesehatan yang merupakan lanjutan dari Prodi Rekam Medis.

Lulusan APIKES Iris tidak hanya mengharap untuk jadi pegawai tapi juga harus punya jiwa enterpreneur, karena salah satu mata kuliah ada pelajaran kewirausahaan. Untuk saat ini mahasiswa yang aktif belajar di APIKES Iris berjumlah 220 orang saya berharap lulusan APIKES Iirs dapat memimpin rumah sakit dan Indonesia untuk kedepan nya, ” ungkap Sayati mengakhiri. (Edril).

Penulis : Edril

Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *