Bupati Solok : Gowes Wisata Salingka Danau Berdampak Pada Sektor Ekonomi Masyarakat

banner 120x600
banner 468x60

Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, Dt. Sutan Majo Lelo, M.Mar membuka secara resmi acara Gowes Wisata Salingka Danau dalam Rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda di Alahan Panjang Resort Sabtu (29/10).

Tampak hadir mendampingi Bupati Solok Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny.Hj. Emiko Epyardi Asda, S.P, Sekretaris daerah Medison,S.Sos.,M.Si, Asisten I Drs. syahrial, M.M,PLT Asisten II, Syaiful
Asisten III Edityawarman,Staf ahli, Camat, Forkopincam, Walinagari, KAN, BPN, serata Masyarakat Alahan Panjang.

banner 325x300

Acara Gowes Salingka danau merupakan acara perdana sekaligus juga napak tilas dari event tour de Singkarak yang lebih meningkatkan kepada pariwisata sambil bersepeda menikmati alam Kabupaten Solok, dimana acara ini mengkolaborasikan antara Kesenian, Bazar UKM dan Ekonomi Kreatif serta Bersepeda.

Acara ini mengambil momen Hari Sumpah Pemuda ke 94, dengan harapan semangat sumpah Pemuda menjadi inspirasi kebangkitan pariwisata Kabupaten Solok untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama dua hari dari tanggal 29 Oktober – 30 Oktober 2022. Kegiatan ini juga didukung perangkat daerah terkait seperti Dinas Kominfo, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Damkar, Dinas KUKMKPP, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Kecamatan Lembah Gumanti, Kecamatan Danau Kembar, dan lain-lainnya.

Kegiatan ini juga dapat sponsorship dari BUMN dan perusahaan yang ada di solok seperti Bank Nagari,mandiri,BRI, BPJS kesehatan.

Kegiatan ini akan di mulai dengan kegiatan seni, Pameran dan UKM.
Tanggal 30, akan dilaksanakan pelepasan gowes dimana akan menempuh perjalan wisata sepanjang 24 KM yang melintasi alahan panjang, resort danau di atas, nagari simpang tanjuang nan IV, danau talang dan kembali ke alahan paniang resort.

Senada dengan hal tersebut, Bupati Solok mengapresiasi panitia dan semua pihak yang telah berusaha dan bekerja keras kurang lebih dua bulan terakhir mempersiapkan acara Gowes Salingka Danau tersebut. Walau masih terdapat kekurangan dalam persiapannya, Epyardi berharap acara yang di langsungkan selama dua hari akan berjalan lancar dan meriah.

Ia menyebutkan acara ini bertujuan agar bisa menarik wisatawan agar datang ke Alahan Panjang Resort, yang nantinya bisa berdampak pada sektor ekonomi masyarakat Alahan Panjang, dan tidak menutup kemungkinan akan ada investor yang akan mau bekerjasama dengan pemerintah daerah, untuk membangun dan mempercantik tampilan dari tempat wisata seperti Danau Diatas, Danau Dibawah dan Danau Talang.

Menyambung hal tersebut, Bupati Solok juga menginginkan kesenian anak nagari untuk di berikan pembinaan dengan cara membentuk Dewan Kesenian yang berada di bawah Dinas Pariwisata. Bupati menginstruksikan untuk Dinas terkait agar membuat surat Edaran yang berisi tentang himbauan kepada seluruh Wali Nagari di Kabupaten Solok agar menganggarkan dana untuk pembinaan kesenian anak nagari, kesenian kita tidak kalah dengan daerah lain, Bina anak muda kita dengan sungguh-sungguh, sehingga nanti mereka yang akan tampil, benar-benar orang yang telah siap dan bagus”.

Terakhir Epyardi berharap, untuk kedepannya, untuk acara yang besar seperti Gowes Salingka Danau ini, pihak terkait benar-benar harus di persiapkan dengan baik dan matang, jika berhasil ini akan berdapak positif baik dalam hal promosi daerah, promosi pariwisata, promosi UKM dan Kesenian.
(Ridwan).

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *