Cafe Sarumpun Padi di Desa Wisata Kubu Gadang

banner 120x600
banner 468x60

Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si resmikan Cafe Sarumpun Padi.(Foto : Adi).

Padang Panjang (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si resmikan Cafe Sarumpun Padi di Desa Wisata Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Ahad (21/1). Ini merupakan cafe sawah pertama di desa wisata yang ada di Sumatera Barat.

banner 325x300

Dihadiri Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, Drs. Doni Hendra Putra, M.M, Pj. Ketua TP-PKK Kota, Sri Hidayani Sonny, S.E. Ak, Anggota DPRD Provinsi Komisi IV, Mesra, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Nurasrizal, M.T, Plt. Camat Padang Panjang Timur, Gusrial, S.Sos, Lurah Ekor Lubuk, Akbar Syah, S.H dan lainnya.

Cafe Sarumpun Padi merupakan satu dari empat unit usaha yang dikelola Koperasi Syariah Pariwisata Desa Wisata Kubu Gadang. Pendanaan dari cafe ini merupakan dana alokasi masyarakat yang mendaftarkan diri menjadi anggota koperasi. Dihimpun dari dana simpanan wajib, simpanan pokok dan investasi beberapa orang masyarakat.

Dalam sambutannya, Pj Wako Sonny menyampaikan, dengan terbentuknya koperasi desa wisata pertama di Sumbar, diharapkan ke depannya geliat wisata di Kubu Gadang juga semakin baik dan semakin meningkat.

Ini bisa menjadi bagian dari daya tarik kunjungan wisatawan ke Padang Panjang. Ditambah dengan adanya Sport Center, ini akan menjadi daya tarik masyarakat untuk berolahraga sekaligus berwisata dan menginap di Padang Panjang,” ujarnya.

Sonny juga mengatakan, salah satu investasi pariwisata yang penting adalah promosi. Dengan adanya promosi cafe ini akan lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas, baik itu Padang Panjang hingga Indonesia.

Kita bersosial media tidak hanya tahu dengan orang terdekat saja, namun kita memiliki kenalan hingga ke penjuru daerah. Manfaatkan medsos ini untuk mempromosikan. Datangkan selebgram yang memiliki banyak pengikut. Insyaallah ini semua akan maju,” tuturnya lagi.

Sementara itu, Doni Hendra mengungkapkan, Cafe Sarumpun Padi merupakan cafe sawah pertama kali di destinasi wisata yang ada di Sumatera Barat.

Kalau kami boleh menyampaikan, dalam pengamatan kami, ini pertama di Sumbar koperasi yang ada di desa wisata. Tahun kemarin mendapatkan penghargaan di tingkat nasional menjadi desa wisata Maju Mandiri dan hari ini Kubu Gadang sudah menyiapkan bukti bahwasannya sudah banyak memiliki inovasi. Ini sangat luar biasa,” ungkapnya.

Tema dari Clcafe sawah ini adalah tradisional modern. Mulai dari makanan tradisional dan makanan kampung, juga menghadirkan menu-menu coffe dan makanan lainnya. (Adi).

Penulis : Adi

Editor : Red minakonews

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *