Cegah Stunting, Dispangtan Padang Panjang Gelar Lomba Masak Serba Ikan

PADANG PANJANG, MINAKONEWS.COM — Guna mencegah stunting dan menyehatkan masyarakat, Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) gelar Lomba Masak Serba Ikan Kader TP-PKK Kelurahan se-Kota Padang Panjang, di Aula Balai Benih Ikan, Rabu (13/7).

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Padang Panjang, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP mengatakan, dengan masih tingginya angka stunting di kota ini, diharapkan kepada semua kader PKK yang mengikuti lomba memasak serba ikan ini, bisa membantu dan memiliki peran mulia dalam menyejahterakan keluarga dengan menghasilkan SDM yang berkualitas.

“Salah satu yang bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang berasal dari ikan. Karena ikan merupakan protein hewani yang paling bagus dan mudah dicerna, memiliki gizi paling bagus. Seperti Omega 3 yang bisa meningkatkan kecerdasan,” ujarnya.

Dokter Dian juga menambahkan, angka konsumsi ikan di Kota Padang Panjang ini masih tergolong rendah, hanya sekitar 40 kg. Maka untuk meningkatkan minat masyarakat dalam mengonsumsi ikan ini, harus melakukan berbagai cara. Seperti sering melaksanakan sosialisasi, menghasilkan resep inovasi baru agar balita tertarik untuk memakan ikan.

“Namun yang paling penting, kami harapkan kepada ketua TP-PKK Kelurahan untuk membentuk Forikan di setiap kelurahan. Ini kita lakukan untuk menghasilkan minat masyarakat dalam mengonsumsi ikan,” tuturnya lagi.

Kepala Dispangtan, Ade Nafrita Anas, M.P menyebutkan, lomba yang dilaksanakan ini mengangkat tiga menu. Di antaranya menu keluarga, menu kudapan dan menu balita yang menggunakan bahan utama ikan lele.

“Kita berharap dengan diadakannya lomba ini, kader PKK bisa menjadi panutan bagi masyarakat dalam menghasilkan menu-menu makanan bergizi,” ucapnya.

Usai melakukan penilaian, Dokter Dian bersama juri lain, di antaranya perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar, Ir. Fariyetmi, M.Si, Nutrisionis Dinas Kesehatan, Mella Yosiska mengumumkan para pemenang. Untuk menu keluarga, juara I Kelurahan Pasar Usang, Kelurahan Tanah Hitam (juara ll), Kelurahan Ganting (juara lll). Untuk menu Balita, juara I Kelurahan Koto Panjang, Kelurahan Guguk Malintang (juara ll), Kelurahan Sigando (juara lll). Sedangkan menu kudapan, juara I Kelurahan Sigando, Kelurahan Koto Panjang (juara ll), dan Kelurahan Koto Katik (juara lll).

Ikut hadir, Ketua GOW Kota, Nova Era Yanthy Asrul, lurah se-Kota Padang Panjang serta ketua TP-PKK Kelurahan se-Kota Padang Panjang. (Adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *