DPRD SAMPAIKAN REKOMENDASI TERHADAP LKPJ WALI KOTA

banner 120x600
banner 468x60

Wawako Padang Panjang Drs. Asrul menerima rekomendasi terhadap LKPJ Wako dari DPRD setempat.(Foto : Adi)

Padang Panjang (Sumbar), MINAKONEWS,COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Panjang menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota Tahun Anggaran 2022, di Ruang Sidang DPRD setempat, Jumat (28/4).

banner 325x300

Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD, Mardiansyah, A.Md ini, dihadiri Wakil Wali Kota, Drs. Asrul, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako), Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, Forkopimda, staf ahli, asisten, kepala OPD, ketua KPU, ketua Bawaslu, camat dan lurah.

Penyampaian rekomendasi dibacakan Anggota DPRD, Hendra Saputra, S.H. Dalam penyampaiannya, terdapat 18 poin penting rekomendasi. Di antaranya, wali kota diharapkan melakukan monitoring terhadap setiap program kegiatan yang sudah tertuang dalam APBD. Sehingga program kegiatan tersebut terlaksana secara efisien dan efektif.

Lalu, kawasan Islamic Center yang telah menjadi ruang utama berbagai organisasi keagamaan, institusi pendidikan dan kegiatan kemasyarakatan lainnya, DPRD berharap pemerintah terus mendorong dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan positif tersebut agara terstruktur dan sistematis. Sehingga Padang Panjang menjadi pusat syiar Islam.

Pemerintah Kota juga harus terus berorientasi dalam pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, sistem pembayaran non tunai dan jemput bola. Bertindak tegas kepada penunggak pajak dan retribusi daerah sesuai ketentuan undang-undang yang berlaku.

Belanja subsidi diminta pencapaian realisasinya minimal 95% dari yang dianggarkan. Karena belanja hibah adalah belanja yang telah direncanakan penggunaannya bagi yang membutuhkan.

Usai penyampaian rekomendasi tersebut, Ketua Mardiansyah menyampaikan kepada wali kota dan jajaran agar bisa menindaklanjuti rekomendasi yang sudah disampaikan DPRD.

Kami harapkan kepada wali kota dan jajaran untuk dapat menindaklanjuti semua poin-poin penting rekomendasi terhadap LKPj tahun anggaran 2022 ini. Hari ini kami serahkan semua poin-poin ini kepada Bapak Wakil Wali Kota,” ujarnya.

SlWawako Asrul mengatakan, rekomendasi yang disampaikan DPRD tersebut merupakan masukan yang sangat berharga dan konstruktif bagi perbaikan kedepannya.

Rekomendasi yang sudah disampaikan tadi akan segera dianalisa dan dirumuskan tindak lanjutnya oleh OPD sesuai dengan kondisi dan kemampuan daerah serta koridor peraturan yang berlaku. Kami mengucapkan terima kasih atas penyampaian rekomendasi ini dan kepada semua pihak juga yang sudah berkontribusi terhadap penyelenggaraan pemerintahan,” tuturnya lagi. (Adi).

Penulis : Adi

Editor : Red minakonews

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *