Generasi Muda TPL Hasilkan Produk Handicraft Bernilai Jual

Generasi muda Padang Panjang Timur membuat handicraft bernilai jual dalam kegiatan yang digelar 22 -24 Mei.(Foto : Adi).

Padang Panjang (Sumbar), MINAKOBEWS.COM – Kelurahan Tanah Pak Lambik (TPL), Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT) berhasil melatih generasi mudanya membuat handicraft bernilai jual dalam kegiatan yang digelar 22 -24 Mei 2023.

Selama tiga hari itu, para generasi muda ini membuat kerajinan tangan mempergunakan bahan bambu, rotan dan paralon. Mereka dipandu Dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Waryan, S.Sn dan Rahmat Wasinton P., M.Sn yang memberikan pelatihan berbahan baku bambu dan rotan. Surwandi, pelaku UMKM yang memberikan materi ajar bahan paralon.

Selain itu ada juga narasumber dari Dosen Universitas Putra Indonesia (UPI) YPTK Padang, Eliza, S.E, M.Si yang memberikan ilmu di bidang bidang teknologi informasi terkait memasarkan online atau offline produk handicraft itu.

Pelatihan tersebut ditutup Camat PPT, Drs. Asrul. Ia memberikan apresiasi kepada peserta dan pihak kelurahan yang berhasil melaksanakan kegiatan ini dengan hasil yang sangat memuaskan.

Kita harap setelah kegiatan ini dibentuk kelompok, dengan dukungan SK pihak kecamatan dan kelurahan. Insyaa Allah kami akan bantu. Untuk masalah permodalan, kami akan usahakan berkoordinasi dengan Baznas maupun dengan pengusaha di Padang Panjang. Harapannya kegiatan ini terus berlanjut hendaknya,” kata Asrul.

Sementara itu Lurah TPL, Romi Saputra, S.H menyampaikan terima kasih pada pemateri yang telah berbagi ilmu sehingga peserta dapat menghasilkan produk yang bagus, bernilai jual dan bisa menambah pendapatan.

Sedangkan Kasi Pemberdayaan Masyarakat TPL, Mulyadi, S.E, M.M berharap TPL bisa menjadi sentra kerajinan dan menjadi tujuan wisata bagi orang banyak.

Salah sorang peserta pelatihan, Reval sangat antusias dengan pelatihan tersebut. Bersama temannya, ia berjanji akan mengembangkannya.(Adi).

Penulis : Adi

Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *