HARI JADI KAB SOLOK KE 110 TAHUN AKAN DISEMARAKAN DENGAN SERANGKAI KEGIATAN

banner 120x600
banner 468x60

Peringatan hari jadi Kabupaten Solok yang ke-110 tahun.(Foto : Eli).

Kabupaten Solok (Sumbar) MINAKONEWS.COM – Peringatan hari jadi Kabupaten Solok yang ke-110 tahun pada tahun 2023 ini tepatnya pada tanggal 9 April esok, Pemerintah Daerah Kabupaten Solok melalui dinas Pariwisata Menyemarakkan hari jadi, dengan melaksanakan serangkaian kegiatan, dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan mengadakan pawai budaya.

banner 325x300

Peringatan hari jadi kali ini di Kabupaten Solok akan berbeda dengan tahun sebelumnya, yang mana biasanya akan diisi dengan pawai bajamba tapi kali ini diganti dengan pawai budaya,” kata Kadis Disparbud Alfajri, Rabu (8/3).

Pawai budaya akan diikuti oleh SKPD dan nagari yang ada di Kabupaten Solok, kegiatan direncanakan digelar tanggal 15 Maret 2023, start di GOR Batu Tupang dan finish di Islamic Center Koto Baru,” lanjut Fajri.

Ia jelaskan pawai budaya ini akan menampilkan pakaian adat khas nagari sesuai dengan falsafah adat salingka nagari, seperti pakaian urang ampek jinih, bundo kanduang, pakaian manyumandan dan lain sebagainya.

Kemudian juga akan ditampilkan kesenian khas masing-masing nagari, seperti Tari Tangan, Tari Tan Bentan, Tari Ambek Ambek, Tari Adok, Tari Sewa Tupai Jonjang, Tari Piring Ateh Talua, dan lainnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan akan adat dan budaya yang ada di nagari dan ini juga sebagai bentuk pelestarian yang dilakukan pemerintah,” tutup Alfajri.(Eli)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *