IKM KABUPATEN SOLOK AKAN MENGIKUTI PINOTI DARI KEMENTRIAN PERINDUSTRIAN

Kabupaten Solok (Sumbar) MINAKONEWS.COM – IKM Kabupaten Solok mendapat kesempatan dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk mengikuti program Penguatan Industri Melalui Optimalisasi Teknologi (PINOTI).

Hal ini ditandai saat kunjungan Analis Kebijakan Muda Kemenperin dan BSPJI Padang ke IKM Kabupaten Solok; Sumbar Cocofiber (sabut kelapa), Banun Songket, Fatsora Honey dan Annagha, Rabu hingga Jumat (29-31/3/23).

Isti Kartika selaku Analis Kebijakan Muda Kemenperin mengatakan, program ini merupakan program lanjutan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Menurut Isti, calon peserta PINOTI bisa mendaftarkan diri di pinoti.kemenperin.go.id.

PINOTI sendiri adalah program yang dikembangkan oleh Kementerian Perindustrian melalui Badan Standarisasi dan Kebijakan Jasa Industri untuk menumbuhkan dan memperkuat kemampuan Industri Kecil dan Menengah (IKM) melalui optimalisasi teknologi khusus kalangan IKM.

Para peserta IKM nanti, akan mengikuti pelatihan didampingi oleh Balai Standarisasi Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) Padang.

Program ini untuk meningkatkan daya saing industri. Artinya mereka ini diajari untuk mandiri, membuat dan membuka lapangan pekerjaan bagi IKM yang mau maju,” ujarnya.

Tahun 2023 ini sudah 114 IKM Sumatera Barat yang mendaftar. Alhamdulillah, ada empat IKM Kabupaten Solok yang masuk dalam tahap verifikasi dan validasi industri untuk dijadikan sebagai calon peserta program PINOTI.

Sementara itu Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Solok Ahpi Gusta Tusri mengatakan, bahwa program ini merupakan amanah Menterti Perindustrian agar program PINOTI dapat dijalankan di Kabupaten Solok.

Dari 114 yang daftar, IKM Kabupaten Solok masuk ke dalam 40 besar sebagai calon peserta PINOTI, di Kabupaten Solok sendiri ada empat IKM, sekarang mereka sudah masuk tahap verifikasi dan validasi industri di Kabupaten Solok,” ungkap Cici.

Saya berharap apa yang menjadi program dari Kementeri Perindustrian bisa terwujud dan dapat dilaksanakan dengan baik. Makanya saya sangat mendukung IKM yang sudah masuk dalam verifikasi dan validasi semoga bisa mengikuti kegiatan ini,” ujar Cici lagi.(Eli).

Penulis : Eli

Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *