KALI INI HUT 182 KABUPATEN LIMAPULUH KOTA JATUH TEPATNYA DI BULAN SUCI RAMADHAN

banner 120x600
banner 468x60

Kab.Limapuluh Kota ( Sumbar), MINAKONEWS.COM – Peringatan Hari Jadi Kabupaten Limapuluh Kota ke-182 yang jatuh 13 April 2023 digelar dengan pelaksanaan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Limapuluh Kota di Aula Kantor DPRD setempat Kamis, (13/4).

Sidang yang dipimpin oleh Ketua DPRD Deni Asra didampingi Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten LimapuluhKota Wendi Chandra dan Syamsul Mikar itu dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo-Rizky Kurniawan Nakasri. Turut hadir, Gubernur Sumatera Barat diwakili Asisten Bidang Pemerintahan Devi Kurnia, Forkopimda, Bupati/Walikota se-Sumatera Barat, para mantan ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Kepala Perangkat Daerah serta sejumlah tokoh masyarakat dan insan pers.

banner 325x300

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Di Rajo .SH.dalam sambutannya mengatakan, pada usia ke-182 sudah banyak kemajuan yang di raih Kabupaten Limapuluh Kota. Namun tidak dipungkiri hingga kini masih dihadapkan dengan berbagai tantangan dalam upaya peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat terhadap perbaikan ekonomi, sosial dan pelayanan publik.

Melalui momentum hari jadi daerah ini, mari kita melakukan refleksi, muhasabah sudah sejauh mana kita berkarya dan memberikan kontribusi positif dalam membangun Limapuluh Kota”, terangnya.
Dilanjutkan Bupati Safaruddin, setiap tantangan musti harus dijawab dengan penyusunan kebijakan yang mengutamakan kepentingan masyarakat. Harapan meraih masa depan yang lebih baik tentu saja membutuhkan semangat dan kerja keras dan saling bekerjasama. “Insya Allah dengan kebersamaan dan saling bergandengan tangan dengan seluruh elemen masyarakat maupun stakeholder kita wujudkan Limapuluh Kota yang madani”, tukas Bupati.


Pada kesempatan tersebut, Bupati Safaruddin juga mengatakan bahwa pihaknya akan terus berbenah dalam menata pembangunan. Dalam setiap usaha dan ikhtiar juga ada beberapa prestasi yang telah berhasil ditorehkan antara lain : Insya Allah dengan kebersamaan dan saling bergandengan tangan dengan seluruh elemen masyarakat maupun stakeholder kita mampu wujudkan Limapuluh Kota yang madani”, tukas Bupati.

Maka dari itu, Bupati Safaruddin juga mengatakan akan terus membenahi dan menata dalam pembangunan. Dalam setiap usaha dan ikhtiar juga ada beberapa prestasi yang telah berhasil ditorehkan, antara lain : • Kampuang Sarugo yang terletak di Nagari Koto Tinggi meraih juara 2 di Anugerah Pesona Indonesia (API) sebagai Kampung Adat Terpopuler
• Atraksi Bakajang dari Nagari Gunuang Malintang sebagai Juara 1 Nasional Cultural Attraction API Award 2021,
• Terbaik satu jumlah SR Terpasang Pamsimas Pemprov Sumbar tahun 2022,
• Peringkat dua dalam Penilaian Kinerja Stunting 2022

Dan, masih banyak lagi penghargaan-penghargaan yang telah berhasil dicapai oleh Kabupaten Limapuluh Kota.
“Atas nama Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota kami mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mengharumkan nama Kabupaten Limapuluh Kota baik ditingkat Nasional maupun provinsi Sumatera Barat”, ulas Bupati Safaruddin Dt.Bandaro Dirajo.SH.


Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra saat membuka sidang Paripurna Istimewa DPRD Tentang Peringatan Hari Jadi Kabupaten Limapuluh Kota memaparkan, bahwa pada tanggal 13 April yang merupakan amanah perda nomor 11 tahun 2008 Tentang Hari Jadi Pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota tertanggal 26 November 2008, yang diperingati pertama kali pada tanggal 13 April 2009, bersamaan dengan peresmian pemakaian gedung Kantor DPRD Kabupaten Limapuluh Kota di Sarilamak, yang mana sebelumnya Gedung DPRD Kabupaten Limapuluh Kota berada di Kota Payakumbuh.

Dilanjutkan Deni Asra, meskipun pelaksanaan HUT Kabupaten Limapuluh Kota tahun ini dan tahun sebelumnya sedikit berbeda, karena tidak dapat berlangsung secara meriah dengan menyelenggarakan pekan budaya karena masih dalam suasana Ramadhan 1444 H. Namun Deni berharap kegiatan ini seharusnya bisa menjadi momentum menetapkan komitmen dalam berkarya memajukan daerah agar dapat bersanding dengan kabupaten/kota lain.
“Saya mengajak kepada semua pihak dengan semangat memperingati hari jadi kita tingkatkan sinergitas pembangunan untuk mewujudkan Lima Puluh Kota yang madani,” terang Deni.
Deni Asra memandang pemerintahan yang kuat sangat dibutuhkan oleh Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota untuk mampu tumbuh dan berkembang dalam menjalankan program pembangunan yang berkelanjutan, transparan dan akuntabel.

DPRD akan terus mendorong pemerintah dibawah komando Bupati untuk mampu melakukan reformasi birokrasi yang seutuhnya, dimana ASN dibawah komando Sekretaris Daerah harus keluar dari zona nyaman atau filosopi Asal bapak Senang menuju birokrasi berbasis kinerja yang sesungguhnya”, kata Deni.

Pada Rapat Paripurna itu, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah melalui Asisten Bidang Pemerintahan Devi Kurnia menyampaikan ucapan Selamat Hari Jadi yang ke-182 kepada Pemerintahan Daerah dan segenap masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota. “Dengan semangat hari jadi Kabupaten Lima Puluh Kota ke- 182, semoga kita dapat menapaki masa depan dengan penuh keyakinan”, sebutnya.

Lebih lanjut Devi Kurnia menyampaikan sambutan Gubernur, bahwa penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota dalam beberapa tahun terakhir sudah memperlihatkan keberhasilan, hal ini dibuktikan dengan dianugerahkannya berbagai penghargaan atas prestasi pemerintah daerah dan masyarakat. “Mari jadikan momentum hari jadi ini untuk mengevaluasi kembali langkah-langkah yang telah kita ambil sebagai pijakan untuk perumusan kebijakan di masa yang akan datang”, ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Sumatera Barat melalui Asisten Bidang Pemerintahan juga menyampaikan beberapa capaian kinerja makro penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kabupaten Limapuluh Kota, diantaranya Pendapatan Per-Kapita.

Berdasarkan hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) BPS yang release pada awal tahun ini, diperoleh infomasi pendapatan Per-Kapita Kabupaten Limapuluh Kota berdasarkan PDRB atas harga berlaku tahun 2022 adalah sebesar Rp.46.091.440. Jumlah tersebut menggalami peningkatan sebesar Rp4.128.140,- dibandingkan tahun 2021 sebesar Rp.41.963.300. Angka tersebut juga jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Pendapatan Per-Kapita rata-rata Sumatera Barat sebesar Rp. 32.377.513,66.

Nilai tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan pendapatan masyarakat secara agregat kabupaten dan pendapatan masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota jauh lebih tinggi dari pada Pendapatan Per-Kapita rata-rata Sumatera Barat. “Tentu ini merupakan prestasi yang luar biasa dan perlu terus ditingkatkan”, tukasnya. Dari sekian Kepala Daerah seSumbar tampak hadir, diantaranya daerah tetangga yakni Wali Kota Payakumbuh Drs.H.Rida Ananda dan Walikota Solok.

Penulis : Hery Mukhlis

Editor : Red minakonews

Kategori : Pariwara

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *