Kelurahan Ganting Pionir Penggerakan Masyarakat Ayo Aktifkan Posyandu

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Barat bersama Dinkes Kota Padang Panjang foto bersama.(Foto : Adi).

Padang Panjang (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Barat bersama Dinkes Kota Padang Panjang menggelar kegiatan Penggerakan Masyarakat Ayo Aktifkan Posyandu (pos pelayanan terpadu) di Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), Rabu (1/11).

Kegiatan ini merupakan wujud integrasi pelayanan kesehatan primer. Yaitu layanan sesuai siklus hidup yang dimulai dari ibu hamil, bayi, balita, pra sekolah, usia sekolah dan remaja, usia produktif, serta lansia. Ganting menjadi pionir gerakan ini di Padang Panjang.

Kepala Dinkes Padang Panjang, dr. Faizah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dinkes Provinsi yang telah memilih Padang Panjang sebagai tempat pelaksanaan Penggerakan Masyarakat Ayo Aktifkan Posyandu ini.

Ini merupakan konsep Posyandu Prima yang akan kita laksanakan setiap bulannya di tiap kelurahan. Jadi semuanya digelar dalam satu hari untuk seluruh siklus kehidupan. Ganting hari ini sebagai percontohan,” sebutnya.

Kepala Dinkes Sumbar, dr. Lila Yanwar, MARS mengatakan, posyandu terintegrasi ini memadupadankan posyandu yang sudah ada. Posyandu sebelumnya dilaksanakan terpisah-pisah waktu maupun lokasi. Kini disatukan di tempat dan waktu yang sama.

Kalau dilaksanakan di masjid sambil meramaikan masjid. Jadi bapaknya datang memeriksa kesehatan, kakeknya datang memeriksa kesehatan, neneknya datang, menantu atau ibu hamil juga memeriksa kesehatan, anak balita ditimbang. Jadi Posyandu itu kita katakan posyandu terintegrasi atau Posyandu Prima,” sebutnya.

Ramainya warga yang mengunjungi posyandu, sebut Lila, bisa dimanfaatkan untuk melakukan pemeriksaan seoptimal mungkin. Dengan demikian tenaga kesehatan yang bertugas bisa mendeteksi penyakit yang menyebar di tengah masyarakat.

Strateginya adalah jadikan posyandu seperti pesta. Ketika posyandu semuanya berkumpul. Kecuali yang memberikan pelayanan di Puskesmas. Diramaikan, dibuat semeriah mungkin. Diselingi musik dan lagu yang berisi anjuran kesehatan,” sebutnya.

Secara simbolis, Lila didampingi Faizah, Anggota DPRD, Dr. Novi Hendri, SE, M.Si, Kadis Perhubungan Arkes Refagus, S.Sos menyerahkan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) pada ibu hamil dan ibu yang memiliki balita.

Novi Hendri juga turut memberikan bantuan tikar dan makanan penunjang ibu hamil dan menyusui. Dana bersumber dari pokir dirinya sebagai anggota dewan. Turut hadir lurah dan pejabat terkait lainnya. (Adi).

Penulis : Adi

Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *