Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Provinsi Kunjungi Kota Solok

Kunjungan Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Provinsi Sumbar, Dr. Rustam SP, M.Si di sambut llWali Kota Solok, Zul Elfian Umar di Rumah Dinas Wako, Senin (12/6).(foto : Prokomp/Eli)

Kota Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Dalam rangka dilaksanakannya Bimbingan Teknis Budidaya berstandar Tanaman Hias Krisan dan Anggrek serta Penandatanganan Berita Acara dan Penyerahan secara simbolis Bantuan Benih Sumber Tanaman Hias Krisan di Kota Solok,Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Provinsi Sumbar, Dr. Rustam SP, M.Si kunjungi Kota Solok

Kunjungan Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Provinsi Sumbar, Dr. Rustam SP, M.Si di sambut langsung oleh Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar di Rumah Dinas Wako, Senin (12/6).

Pada kunjungan tersebut Turut serta, Kepala BPSI Tanaman Hias, Dr. Ir. Erna Suryani M.Si, Peneliti Utama sebagai Narasumber Bimtek, Dr. Dedeh Kurniasih, SP. M.Si, Staf dan Peneliti BPSI Tanaman Hias Cipanas Jabar sebanyak 13 orang, Asisten II Sekda Kota Solok, Jefrizal, Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Zulkifli.

Walikota Solok Zulelfian Umar mengatakan pihaknya sudah mengembangkan komoditas bunga krisan sejak 2017 melalui Agrowisata Payo di wilayah Payo, Kota Solok.

Akan tetapi hasil panen bunga krisan itu belum mampu memenuhi permintaan pasar regional yang sangat tinggi,” ujarnya

dalam hal ini Pemerintah Daerah Kota Solok melalui Dinas Pertanian Kota Solok pun terus berupaya mengembangkan Agrowisata Payo. Bahkan mulai awal tahun ini telah dikembangkan komoditas kopi payo untuk mendampingi komoditas bunga krisan tersebut.

Wako Solok juga menyampaikan bibit bunga krisan tersebut didatangkan langsung dari Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) Kementerian Pertanian RI di Cipanas.

Merupakan salah satu jenis varietas unggulan bunga krisan yang ditanam di green house yaitu jenis jayanti. Bunga krisan ini dapat dipanen pada umur tiga bulan sepuluh hari.

Dengan adanya Bimbingan Teknis Budidaya berstandar Tanaman Hias Krisan dan Anggrek serta Penandatanganan Berita Acara dan Penyerahan secara simbolis Bantuan Benih Sumber Tanaman Hias Krisan di Kota Solok dari Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Provinsi Sumbar, Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih dan sangat mengapresiasi hal ini karena memang pemko Solok terus berupaya untuk pengembangan bunga Krisan ini.

Semoga saja dengan Bimtek bisa menambah wawasan kita semua akan pengembangan bunga Krisan ini di Kota Solok.ujarnya.(Eli)


Penulis : Eli


Editor : Red Minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *