KETUA FORIKAN KABUPATEN SOLOK BUKA LOMBA MASAK SERBA IKAN

Ketua Umum Forikan Kabupaten Solok Emiko Epyardi Asda foto bersama dengan Kadis Pertanian dan Pangan Syoufitri, Camat Talang dan peserta lomba.(Foto Eli).

Kabupaten Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Ketua Umum Forikan Kabupaten Solok Emiko Epyardi Asda buka kegiatan Lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Solok di Balai Benih Ikan Nagari Sungai Janiah Kecamatan Gunung Talang, Rabu (15/11/23).

Ketua Forikan mengatakan bahwa dengan berlimpahnya potensi dan produksi perikanan di Kabupaten Solok perlu dimanfaatkan secara optimal dalam berbagai diversifikasi olahan yang bernilai tambah, dan berdaya saing , salah satunya melalui kegiatan Lomba Masak Serba Ikan.

Selain itu juga peningkatan konsumsi ikan akan membantu meningkatkan pemasaran produksi pembudidayaan,”ucap Nya

Menurut Emiko, besarnya potensi sumberdaya yang dimiliki oleh Kabupaten SolokĀ  memerlukan keseriusan dan kerja keras semua pihak agar dapat memanfaatkan potensi tersebut, untuk mensejahterakan masyarakat secara berkelanjutan. Karena konsumsi ikan Kabupaten Solok baru mencapai 41.38 kg/kap/th sedangkan Provinsi Sumatera Barat 42.52 kg/kap/th (tahun 2022). Konsumsi ikan di Indonesia tahun 2022 sebanyak 56,48 kg/kap/hari, masih rendah jika dibandingkan dengan Negara lain seperti Jepang sebanyak 100 kg/kap/th, Singapura 80 kg/kap/th dan Malaysia 70 kg/kap/th
Masih rendahnya konsumsi ikan dimasyarakat akan menimbulkan berbagai permasalahan. Beberapa permasalahan yang kita hadapi dalam konteks pangan dan gizi antara lain masih terjadinya peristiwa kerawanan gizi yang menyebabkan bayi lahir pendek (Stunting) dan kegemukan (obesity),”ujar Ketua Forikan.

Dengan peningkatan konsumsi ikan diharapkan bisa menekan kasus gizi ganda (kelebihan dan kekurangan gizi, stunting (bayi lahir pendek) dan beberapa kasus lain yang erat kaitannya dengan masalah pangan dan gizi,”imbuhnya lagi.

Sementara Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Solok Syoufitri selaku Panitia Pelaksana mengatakan peserta Lomba adalah TP PKK atau Forikan Kecamatan se Kabupaten Solok yang masing – masing Kecamatan diwakili 2 orang.

Dalam kegiatan masak serba ikan ini melombakan 3 jenis masakan yaitu Menu Untuk Keluarga, Menu Untuk Balita, dan Menu untuk Kudapan, para pemenang masak lomba  akan mendapatkan hadiah juara I sebesar Rp. 3 Juta, Juara II Rp. 2,5 juta, dan Juara III Rp 2 juta, sedangkan harapan I Rp 1,75 juta, dan harapan II Rp 1,5 Juta.

Untuk Juri lomba berasal dari Dinas Perikanan Pangan Kab Solok, TP PKK Kabupaten Solok, dan Guru SMK N 1 Lembah Gumanti.(Eli)
Penulis : Eli
Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *