KIPAN SUMBAR TEKAN TINGKAT PENYALAHGUNAAN NARKOBA MELALUI PELATIHAN

Pengurus KIPAN Sumbar foto bersama dengan siswa SLTA di kota Padang Sabtu (12/8). (Foto : Edril)

Padang (Sumbar),
MINAKONEWS.COM – Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN) Menggelar Pelatihan Pemuda Bersih Narkoba tahun 2023 yang dilaksanakan di Aula kantor gubernur Sumbar pada Sabtu (12/8/2023) dilantik dan dibuka oleh gubernur Sumbar dengan diwakili Kadispora Provinsi Sumatera Barat, Drs, Maifrizon, M.Si, dilantik sebanyak 25 orang pengurus,” Kata Muharsyad Al Azip.

Ketua KIPAN Provinsi Sumbar tahun 2023 yang terpilih Muharsyad Al Azip M.Pd profesi sebagai pendidik dengan sapaan Irsyad, mengatakan kepada wartawan Minakonews, dulu saya sudah berkecimpung di pergerakan kepemudaan
dengan tujuan untuk menekan tingkat penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba di Sumatera barat.

Saya berinisiasi bagaimana lembaga yang saya temui di Jakarta, kebetulan didirikan oleh senior saya pada tahun 2017 yang ber
nama Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN) yang bekerjasama sebagai mitra dengan kementerian pemuda dan olah raga (MENPORA) RI. Saat ini KIPAN sudah terbentuk 8 provinsi di Indonesia, salah satunya Sumatera barat dengan mengadakan pelatihan,”ucap Irsyad

Kegiatan KIPAN tidak hanya di Padang saja setelah ini dilanjutkan di Bukit tinggi tepatnya rumah dinas walikota Bukit tinggi, dengan hadir nantinya Kemenpora, Deputi 1 bidang Pemberdayaan dan Kepemudaan, kegiatan ini dengan orientasi pelatihan sebanyak 10 sekolah tingkat SLTA, beberapa organisasi kepemudaan yang ada di kota Padang dan beberapa Perguruan Tinggi,” tutur Irsyad.

Lebih lanjut penyampaian Irsyad, bahwa KIPAN merupakan organisasi independen dan mandiri, dimana tugasnya memerangi narkoba, sebagai pemuncak terjadi didaerah Sumbar pada tahun 2019, karena Sumbar merupakan jalur lintas pendistribusian narkoba,” ungkap Irsyad.

Kita berharap pada Dispora, BNNP Sumbar dan Polda dapat mensernigitas kan KIPAN di berbagai kabupaten/kota yang ada di Sumbar, karena pemakai narkoba dari usia 15-64 tahun ada sekitar 4,8 juta penduduk desa dan kota pernah memakai narkoba sepanjang 2022-2023.
makanya kita harus melakukan pelatihan dan menghimbau untuk selalu menkampanyekan bahaya narkoba kepada anak-anak perwakilan OSIS SMA Kota Padang agar mereka yang telah mengikuti pelatihan dapat menjadi garda terdepan dalam mensosialosasikan kepada siswa baru tentang bahaya nya narkoba, “harapan Irsyad.

Insya Allah dalam 2 tahun kedepan saya targetkan bisa terbentuk KIPAN ini 3 kabupaten/kota, seperti kota Padang, Bukit tinggi dan Tanah datar, dengan sasaran utamanya berada didesa-desa atau dipelosok-pelosok yang tidak dapat dijangkau, karena sasaran pengedar mayoritas adalah masyarakat kelas menengah ke bawah.

Insya Allah nanti kita akan mengadakan sosialisasi dan selalu berkoordinasi dengan pihak BNN, Dispora, maupun bagian mitra-mitra kita yang ada di Polda. Dimana central nya KIPAN ini sebagai parameter yang di Sumbar berada di daerah kota Padang, dalam hal ini kegiatan KIPAN mengusung tema, “Pemuda Bersinar” (Pemuda Bersih Narkoba) ungkap Irsyad mengakhiri. (Edril).

Penulis : Edril

Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *