Menghadiri Acara Hari Pers Nasional Bersama PPID Dharmasraya

Karaoke diatas bus.(Foto : Ridwan Syarif)

Oleh : Ridwan Syarif Wartawan

Dharmasraya (Sumbar), MINAKONEWS.COM – ENAM hari perjalanan sejumlah 34 orang Wartawan Dharmasraya bersama Pejabat Pengelola Informasi & Dokumentasi (PPID) Daerah Ranah Cati Nan Tigo dalam rangka sharing informasi ke Komisi Informasi (KI) Pusat sekaligus menghadiri acara puncak Hari Pers Nasional, Rabu 20 Pebruari 2024 lalu meninggalkan banyak kisah.

Tulisan ini akan kita awali dengan apresiasi banyak pihak terhadap pemerintah daerah kabupaten Dharmasraya yang telah memfasilitasi wartawan setempat melakukan perjalanan luar daerah untuk yang kedua kalinya.

Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan dipuji insan pers Dharmasraya sebagai sosok Bupati yang amat peduli dengan para Jurnalis.

Media Online topsatu.com, member perusahaan harian Singgalang menulis berita keberangkatan wartawan ini di bawah judul

“Bupati Dharmasraya Berangkatkan 34 Wartawan Mengikuti HPN 2024”.

Wartawan topsatu.com, Roni Aprianto yang juga Korda Singgalang Dharmasraya memuji habis perhatian serta “lakek tangan” Bupati dua periode ini terhadap wartawan.

” Kedekatan Bupati dengan insan pers Dharmasraya ini patut diacungi jempol, buktinya 34 wartawan diberangkatkan mengikuti HPN di Jakarta,” sebut Roni dalam beritanya, Sabtu (24/02/2024)

Bahkan Plt. Ketua PWI Sumbar, Widya Navies terkagum-kagum dengan wartawan Dharmasraya yang nyaris hampir semuanya berada di Jakarta untuk mengikuti HPN

“Hebat, hebat,” sebut beliau saat dikerumuni dan disalami wartawan Dharmasraya, sehari sebelum acara puncak di kawasan Putri Duyung Taman Impian Jaya Ancol, Selasa (19/02/2024)

“Semoga kemitraan Bupati, OPD, Wartawan tetap harmonis, hingga HPN tahun 2025 nanti wartawan Dharmasraya juga kembali bisa ikut diberangkatkan,” harap Wartawan senior Singgalang ini.

Muhibah Jurnalis Dharmasraya ini, merupakan yang kedua kalinya, setelah sebelumnya bulan Maret 2022 lalu, masih bersama Diskominfo, puluhan wartawan Dharmasraya juga melakukan kunjungan ke Kota Medan dan Belawan.

Perjalanan darat bersama dua unit bus Nyaman Holiday menuju ibu kota negara Jakarta dimulai Sabtu pagi (17/02/2024) sekira pukul 11.00 Wib.

Kendaraan melaju pelan meninggalkan Dharmasraya, menghindari jalan berlobang dengan penuh kehati-hatian.

Sembari berdo’a, bermunajad kepada Yang Maha Kuasa, seluruh penumpang bermohon untuk diberi keselamatan dan kesehatan selama dalam perjalanan.

Kadis Kominfo, Rovanly Abdams yang selalu setia dan memilih untuk tetap satu mobil bersama wartawan setiap kali melakukan kunjungan bersama, beliau menyampaikan rute perjalanan dan tempat yang bakal di singgahi, termasuk tempat berhenti untuk istirahat sholat dan makan.

Cengkrama antar sesama wartawan serta diiringi musik karoke, tanpa terasa paruh waktu perjalanan bus telah memasuki Propinsi Jambi, singgah sejenak untuk makan siang dan shalat Zuhur.

Bambang Suprapto, wartawan Shotline.com yang duduk berdampingan dengan penulis sambil berlalu sembari berucap

“Yang makan, silakan makan, yang mau sholat silakan sholat” sebutnya.

Usai makan dan zuhur, dengan kedipan mata seorang rekan wartawan memberi isyarat ke penulis, untuk mengikuti arah kedipannya

“sangu, sangu” katanya.

“Manganduru” para kuli tinta menuju arah itu. Tak perlu dituliskan, apa maksud dan kenapa manganduru, pulang maklumlah ke pembaca.

Hentakan musik karaoke di mobil terasa makin kencang, artis dadakan bermunculan ditambah pancingan dari saudara Yanti Abel, wartawan Top Sumbar yang memang artis benaran, pemilik salah satu Orgen Tunggal di Dharmasraya, penumpang lain ikut bergoyang dan bertepuk tangan.

Mungkin karena perut sudah kenyang ditambah “sangu” untuk selama di perjalanan pun sudah di kantong.

“Tambuah-tambuah,” ucap wartawan lain meminta Yanti untuk kembali menyumbangkan suara emasnya.

Hamparan kebun sawit kiri kanan jalan serta tanaman Palawija lainnya menambah sejuknya mata memandang.(***).

Penulis : Ridwan Syarif

Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *