MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN, MASYARAKAT GEKAR ADAT BAKAUA

banner 120x600
banner 468x60

Masyarakat Nagari Kuncir, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok menggelar kegiatan adat ‘Bakaua’.(foto Eli).

Kabupaten Solok (Sumbar) MINAKONEWS.COM – Dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan Masyarakat Nagari Kuncir, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok menggelar kegiatan adat ‘Bakaua’.

banner 325x300

Bakaua sendiri merupakan agenda rutin masyarakat setempat untuk menyambut bulan Ramadhan. Kegiatan ini dilaksanakan di balai kompleks makam Tuanku Malanjuang Dunie.

Menurut tokoh adat sekaligus Ketua KAN Kuncir Bustamar Dt. Pangulu Sati, kegiatan Bakaua ini diawali dengan ritual penyembelihan seekor kerbau di pagi hari disusul dengan masak bersama oleh kaum ibu-ibu.

Usai shalat Zuhur, dilakukan doa bersama di rumah keturunan Tuanku Malanjuang Dunie. Kemudian barulah prosesi acara ‘Bakau’ tersebut dilakukan di Medan Nan Bapaneh kompleks makam Tuanku Malanjuang Dunie.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun, yang juga sudah turun temurun dilaksanakan,” kata Datuak Pangulu Satu

Dilaksanakannya kegiatan ini, kata Datuak, untuk dapat mempererat silaturahmi antar anak nagari, dari bakaum, basuku dan banagari, serta sekaligus sebagai kegiatan gotong royong dan kebersamaan masyarakat Kuncir.

Menurut Wali Nagari Kuncir Pen Dt. Mangkudun, tujuan kegiatan tradisi ‘Bakaua’ ini adalah untuk menyatukan umat. Kebersamaan terjadi sejak penyembelihan kerbau hingga penutupan acara dengan makan bersama seluruh masyarakat Nagari Kuncir.(Eli)
[

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *