Pembukaan Pesantren Ramadhan Kolaborasi PAUD, TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA/SLB Tahun 1445 H/2024 M.

Suasana mesjid agung kabupaten Dharmasraya yang diikuti siswa-siswi dalam acara pembukaan pesantren Ramadhan 1445 H/ 2024 M.(Foto : MM).

Dharmasraya (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Bupati Kabupaten Dharmasraya yang di wakili oleh Sekretaris Daerah, Adlisman mebuka acara Pesantren Ramadhan yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi di kabupaten Dharmasraya. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Agung Kabupaten Dharmasraya, baru-baru ini. Dihadiri Forkopimda, Kepala Dinas Pendidikan, Kakan Kemenag Kabupaten Dharmasraya, Kepala Instansi Vertikan Se Kabupaten Dharmasraya , Kepala Cabang Dinas Wilayah V, Kepala Sekolah SMK/SMA, SMP, SD Se Kabupaten Dharmasraya.

Dalam sambutannya, Sekda mengatakan untuk mendukung pembentukan karakter anak, maka saya percaya program pendidikan karakter yang telah di susun Dinas Pendidikan melalui Inovasi Daerah, Sarana Pembentukan Karakter ( SATUKA ), merupakan kegiatan yang perlu dukungan dari seluruh pihak untuk mewujudkan perubahan karakter anak-anak menjadi lebih baik. Inovasi ini mendorong perbaikan karakter anak melalui hafalan serta pemahaman arti dan makna surah, “ucap Sekretaris Daerah.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya menyampaikan “Terkait dengan penguatan karakter pendidikan pancasila, maka pada bulan ramadhan ini bisa di fokuskan untuk sila pertama, ketuhan yang maha esa. Terkait dengan itu maka melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya sudah memberikan arahan pelaksanaan pesantren ramadhan, dimana aktivitas pesantren ramadhan dilaksanakan di masjid-masjid sekitar sekolah, guna menumbuhkan rasa cinta dan senang anak-anak berada di masjid”, Ujar Bobby Perdana Riza.

Kegiatan Pesantren Ramadhan ini dilaksanakan oleh seluruh siswa-siswi di Kabupaten Dharmasraya dengan tema, “Melalui kegiatan di bulan Ramadhan kita wujudkan percepatan penguatan pendidikan karakter (Pendidikan Pancasila) dan peningkatan ibadah siswa baik di sekolah maupun di rumah”.

Pada dasarnya kegiatan ramadhan, peserta didik akan di pantau selama sebulan, melalui buku harian ibadah siswa di bulan ramadhan atau agenda ramadhan.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 17 hari mulai tanggal 18 maret sampai 3 april 2024. Bertepat di masjid-masjid terdekat dari sekolah masing-masing.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Dharmasraya, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, “Adlisman”. Alhamdulillah acara pembukaan berjalan dengan lancar dan sukses. (MM).

Penulis  : MM

Editor    : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *