PEMKAB SOLOK GELAR FORUM KONSULTASI PUBLIK RANCANGAN AWAL RPJPD KABUPATEN

banner 120x600
banner 468x60

Bupati Solok pada Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Solok tahun 2025 – 2045 di ruang pertemuan Solok Nan Indah Arosuka , Kamis (28/12).(foto Eli)

Kabupaten Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Solok melalui Dinas Bapelitbang gelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Solok tahun 2025 – 2045 di ruang pertemuan Solok Nan Indah Arosuka , Kamis (28/12)

banner 325x300

Dalam laporan panitia pelaksana menyampaikan Forum konsultasi publik ini di ikuti 300 orang peserta dari seluruh pemangku kepentingan di kabupaten Solok .

Kegiatan di buka Bupati Solok H Epyardi Asda di wakili oleh Staf ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan Eva NasriSE.MM dan di hadiri Nara Sumber BPK Agus Mansyur SE.MA dari Bapenas dan Dr Sri Maryati, SE.M.Si dari Universitas Andalas , Staf ahli, Ast, Kepala OPD ,Camat beserta Walinagari dan pimpinan organisasi ,pimpinan vertikal instansi di Kabupaten Solok serta seluruh jajaran pejabat di lingkup Pemkab Solok.

Dalam sambutan yang di bacakan oleh Staf Ahli menyampaikan, Forum konsultasi publik merupakan salah satu tahapan penting dalam penyusunan RPJPD Kabupaten Solok tahun 2025 -2045, tujuannya untuk mendapatkan saran dan masukan dari seluruh pemangku kepentingan. Pada rancangan awal RPJPD 2025 – 2045 Visi pembangunan daerah yaitu Kabupaten Solok terbaik , maju dan berkelanjutan.

Terbaik artinya Kabupaten Solok yang memiliki data yang kelola pemerintahan yang mencapai level tertinggi di Sumbar. Sementara Maju artinya Kabupaten Solok memiliki SDM yang berkualitas dan religius, Pelayanan kesehatan yang berkualitas, Pertumbuhan ekonomi tinggi dan stabil yang berbasis pada Potensi unggulan serta memiliki tingkat kemiskinan pengangguran dan ketimpangan rendah serta ketahanan pangan yang kuat.

Berkelanjutan diartikan sebagai Kabupaten Solok yang mampu menyediakan infrastruktur yang berkualitas dan penataan ruang dengan tepat dan bijaksana serta mengelola lingkungan hidup secara lestari seimbang dan berkelanjutan.

Juga di jelaskan Eva Nasri bahwa pencapain visi tersebut melalui 4 misi yaitu Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, dan mewujudkan pembangunan manusia yang berkualitas dan berdaya saling religius serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan inklusif serta terakhir menyediakan infrastruktur yang berkualitas dan berkelanjutan.

Pada kesempatan tersebut Evanasri juga menyampaikan bahwa banyak kejadian bencana alam yang akhir akhir ini belum pernah terjadi sebelumnya yang di akibatkan oleh tangan manusia, ekploitasi SDA yang tidak bertanggung jawab sehingga menyebabkan kerusakan lingkungan yang luar biasa , jika kita abaikan penyebabnya maka bisa kita bayangkan bencana apa yang akan terjadi 20 tahun mendatang terhadap anak cucu kita .tentu ini menjadi tanggung jawab kita bersama memikirkan, merencanakan dan mengantisipasinya dari sekarang.

Dengan adanya kegiatan ini di harapkan dapat menjadi sarana mengakomodir permasalahan dan pemikiran seluruh pemangku kepentingan Di Kabupaten Solok, sehingga dapat memberikan solusi atas beragam permasalahan dan tantangan yang di hadapi dan mampu melahirkan perencanaan yang lebih strategis dan sinergis dan tepat sasaran.

Pada semua peserta di harapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran demi menentukan arah pembangunan terbaik Kabupaten Solok jangka Waktu 20 tahun yang akan datang, tutup Eva Nasri.(Eli)
Penulis : Eli
Editor : Red minakonews

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *