PEMKAB SOLOK GELAR PELATIHAN BUNDO KANDUANG

Pemerintah Daerah Kabupaten Solok melalui Pemerintah Nagari Supayang menggelar pelatihan Bundo Kanduang Selasa (24/10-2023).

Kabupaten Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Solok melalui Pemerintah Nagari Supayang, Kecamatan Payung Sekaki, menggelar pelatihan Bundo Kanduang Selasa, 24 Oktober 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh para Bundo Kanduang Nagari Supayang, Camat Payung Sekaki Epyardi, Wali Nagari Supayang Darmansyah, Sekretaris Kerapatan Adat Nagari, dan Ketua Badan Permusyawaratan Nagari.

Adapun Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Bundo Kanduang dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai penjaga adat dan budaya Minangkabau.

Sementara itu ,Narasumber dalam pelatihan ini adalah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok.

Ketua Bundo Kanduang Nagari Supayang, Bundo Amli Sofiani, menyampaikan bahwa kegiatan ini difasilitasi oleh pemerintah nagari. Dia berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan baik dan membawa dampak positif bagi Bundo Kanduang Nagari Supayang.

Pamong Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok, Wirasto SH, dan Zarlisno Antoni, menyampaikan materi tentang cara berpakaian Bundo Kanduang, bersikap, bertutur, serta bertindak dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam materinya, Wirasto SH menyampaikan bahwa “Bundo Kanduang harus selalu tampil dengan sopan dan anggun. Dia juga harus bertutur kata dengan santun dan bijaksana. Bundo Kanduang juga harus bersikap tegas dan bijaksana dalam menghadapi berbagai persoalan.

Sementara itu, Zarlisno Antoni menyampaikan bahwa “Bundo Kanduang harus menjadi teladan bagi masyarakat. Dia harus selalu menjaga adat dan budaya Minangkabau.

Pelatihan Bundo Kanduang ini diharapkan dapat meningkatkan peran dan fungsi Bundo Kanduang dalam menjaga adat dan budaya Minangkabau. Bundo Kanduang diharapkan dapat menjadi sosok yang inspiratif bagi masyarakat.(Eli)
Penulis : Eli
Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *