PEMKO SOLOK GELAR BIMTEK SINADINE

Dinas Komunikasi dan Informatika terlihat mengembangkan beberapa aplikasi yang akan mendukung pelayanan internal kepemerintahan ataupun untuk pelayanan masyarakat.(foto : eli)

Kota Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Untuk mempermudah tandatangan dokumen dengan menggunakan tandatangan elektronik, menggantikan tandatangan manual/basah,Pemerintah Daerah Kota Solok melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok mengundang Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) untuk menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) di Aula Khaidir Nuh kantor DLH Senin (27/07)

Bimtek tersebut dibuka oleh Kepala Dinas DLH Edrizal, SH, MM, serta 4 orang perwakilan dari Diskominfo yaitu Kepala Bidang Informatika dan Persandian, Dedy Masry, S.Sos, M.I.Kom, Roberto Oscar, A.Md selaku Pengelola Teknologi Informasi, Hikko Razaki, S.Kom, serta Atsilfia Alfath Syam, S.Tr.T sebagai Programer dan diikuti oleh seluruh pegawai DLH.

Tanda tangan elektronik mempercepat penandatanganan dokumen karena puluhan dokumen yang telah diunggah ke aplikasi bisa secara sekaligus dibubuhi tanda tangan.

Demikian di sampaikan Kabid Informatika dan Persandian Dedy Masry, S.Sos, M.I.Kom, ia juga menyampaikan, Dinas Komunikasi dan Informatika telah mengembangkan beberapa aplikasi yang akan mendukung pelayanan internal kepemerintahan ataupun untuk pelayanan masyarakat yang berbasis elektronik, Sinadine (Sistem Naskah Dinas Elektronik). Aplikasi Sinadine saat ini telah dilengkapi dengan TTE. Fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi SiNadine dapat digunakan untuk pembuatan surat biasa, pembuatan telaah staf, nota dinas, surat perintah tugas, surat undangan, surat edaran dan pengumuman, “ jelas Dedy.

Sebenarnya aplikasi ini di Kota Solok telah ada semenjak tahun 2018, namun belum maksimal dalam penggunaannya karena beberapa kendala, kami mengapresiasi Dinas Lingkungan Hidup mengundang kominfo untuk mensosialisasikan penggunaan aplikasi Sinadine untuk Tanda Tangan Elektronik di lingkungan dinas, karena seiring berkembangnya zaman, semua kegiatan sudah menggunakan elektronik, dan kita juga dapat menghemat kertas, karena semua yang dikerjakan dapat dilakukan dalam 1 aplikasi,” tambahnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup juga berterimakasih kepada kominfo karena telah memenuhi undangan untuk mensosialisasikan tata cara penggunaan aplikasi untuk persuratan elektronik, DLH sangat mengapresiasi langkah inovasi yang dilakukan Diskominfo menerapkan TTE untuk mempercepat urusan administrasi birokrasi.

Kalau bisa mulai hari ini kita harus menggunakan aplikasi siNadine, walaupun belum 100% kita akan mencoba secara berangsur-angsur, karena jika aplikasi ini sering digunakan, kita jadinya akan terbiasa,” harap Edrizal.

Diakhir acara, Kepala Dinas DLH menjelaskan, Selain mendengarkan tentang tata cara penggunaan aplikasi SiNadine, seluruh pegawai DLH juga mempraktekan tata cara penggunaan aplikasi tersebut secara langsung.(Eli)

Penulis : Eli

Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *