PEMKO SOLOK SALAH SATU TUJUAN SHARING INFORMASI KEAMANAN PANGAN BAGI DAERAH LAIN

banner 120x600
banner 468x60

Dinas Pangan Kota Solok menerima kujungan kerja dari Komisi II DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi, Kunjungan itu dalam rangka berbagi informasi terkait strategi pengelolaan Keamanan Pangan. (Foto : Eli)

Kota Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Pemerintah Daerah Kota Solok terus mengeluarkan inovasi dan program untuk peningkatan Pelayanan dan Pembangunan Di Kota Solok Tak terkecuali Dinas Pangan Kota Solok Kali ini Dinas tersebut ,menjadi salah satu tujuan dalam sharing informasi kemanan pangan bagi daerah lain.

banner 325x300

Terbaru, Dinas Pangan Kota Solok menerima kujungan kerja dari Komisi II DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi, Kunjungan itu dalam rangka berbagi informasi terkait strategi pengelolaan Keamanan Pangan.

Hal tersebut di sampaikan Kepala Dinas Pangan Kota Solok, Ade Kurniati saat di konfirmasi di ruang kerjanya Rabu (20/3), dikatakannya Kedatangan legislator Kabupaten Tanjabtim itu disambut Kepala Dinas Pangan Kota Solok, Ade Kurniati. Kemudian jajaran kepala bidang serta seluruh fungsional penyetaraan dan Kasubbag umum dan Kepegawaian pada Dinas Pangan Kota Solok.

Dalam kesempatan itu, Ade Kurniati menjelaskan, strategi dan pelaksanan kegiatan keamanan pangan mengacu kepada visi Dinas Pangan. Tujuan utamanya yakni mewujudkan Ketahanan Pangan masyarakat yang mandiri dan berkelanjutan menuju masyarakat sehat dan sejahtera.

Mewujudkan visi tersebut, slaah satu misi penting Dinas Pangan Kota Solok yakni dengan meningkatkan diversifikasi konsumsi, mutu dan keamanan pangan,” ungkap Ade Kurniati menjawab permintaan sharing informasi dari legislator Tanjabtim tersebut.

Ade menyebutkan, penyelenggaraan keamanan menjadi salah satu tugas dari pemerintah daerah. Hal tersebut merujuk pada UU No. 18 tahun 2012 tentang Pangan. Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah menjamin terwujudnya penyelenggaraan Keamanan Pangan disetiap rantai pangan secara terpadu
Menurut Ade, ada 4 strategi Penanganan Keamanan Pangan yang ada di Dinas Pangan Kota Solok. Mulai dengan langkah Memperkuat kelembagaan keamanan pangan melalui peningkatan jumlah dan kompetensi SDM yang menangani Keamanan Pangan OKKPD (Otoritas Kompoten Keamanan Pangan Daerah).

Kemudian, peningkatan koordinasi baik dengan Pusat, Provinsi maupun instansi vertical. Pemutakhiran data dan informasi pangan segar. Dan penyebarluasan informasi Keamanan Pangan kepada masyarakat melalui komunikasi, informasi dan edukasi (KIE).
Dari berbagai program dalam menjami keamanan pangan, Kota Solok juga mendapatkan sejumlah penghargaan. Mulai dari Adhikarya Pangan Nusantara yang diterima Wali Kota Solok. Penghargaan Inovator pada inovasi Daerah Kota Solok Tahun 2023 dengan inovasi Pojok Uji Keamanan Pangan (POJI PAMAN) dan penghargaan lainnya.(Eli)
Penulis : Eli
Editor   : Red minakonews

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *