Pengawasan Pemilu Partisipatif, Bawaslu Ajak Masyarakat Berkolaborasi

Bawaslu Kota Padang Panjang foto bersama. (foto : Adi).

Padang Panjang (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Bawaslu Kota Padang Panjang gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif untuk Pemilu 2024, Rabu (25/10) di Auditorium Mifan Waterpark, Silaing Bawah.

Menghadirkan narasumber Dosen Universitas Muhammadiyah Sumbar, Dr. Ilham, M.A dan Dosen STAI Imam Bonjol Padang Panjang, Taufik, S.Ag, M.Pd.
Peserta pada kegiatan ini terdiri dari organisasi masyarakat, kepemudaan, keagamaan, kemahasiswaan, LSM dan awak media.

Plh. Ketua Bawaslu, Roby Hadi Putra, M.A.P menyebutkan, sosialisasi ini merupakan upaya Bawaslu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu 2024 di Padang Panjang

Bawaslu mempunyai tanggung jawab moril memberikan informasi faktual terkait pengawasan pemilu. Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap hal tersebut, butuh kerja sama dari berbagai stakeholder,” tuturnya.

Menurutnya, secara regulasi Bawaslu merupakan lembaga yang diamanahkan mengawal tahapan penyelenggaraan pemilu. Namun, sebagai warga negara yang baik, peran seluruh elemen masyarakat juga sangat dibutuhkan mengawal tahapan pesta demokrasi tersebut.

Bawaslu tidak akan mungkin mengawasi secara detail di setiap sudut RT di kota ini. Perlu komitmen secara bersama dalam mengawasi Pemilu 2024 ini agar terwujudnya Pemilu yang adil dan damai,” ucapnya.

Padang Panjang walaupun hanya dua kecamatan, tambah Roby, namun tensi politiknya cukup tinggi. Tidak bisa dipungkiri kerawanan isu money politic itu ada. “Mudah-mudahan ke depan bisa kita minimalisir dengan berkolaborasi. Agar proses demokrasi ini berjalan jujur dan adil,” harapnya. (Adi).

Penulis : Adi

Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *