PEMKAB SOLOK GELAR GEBYAR BARALEK GADANG AKSI PENURUNAN SUNTING

banner 120x600
banner 468x60

Bupati Solok  Capt. H. Epyardi Asda. M.Mar foto bersama pada Gebyar Baralek Gadang Aksi Penurunan Sunting Kabupaten  Solok di Convention Hall Alahan Panjang Senin (13/11).(foto : Eli)

Kabupaten Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Solok Menggelar Gebyar Baralek Gadang Aksi Penurunan Sunting di Kabupaten  Solok pada Senin, (13/11/2023) di Convention Hall Alahan Panjang.

banner 325x300

Tampak hadir Bupati Solok  Capt. H. Epyardi Asda. M.Mar, Sekretaris Utama BKKBN RI Drs. Tavip Agus Rayanto. M.Si, Direktur Bina Ketahanan Remaja BKKBN Edi Setiawan, S.Si, M.Si, Si.M, Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar Ny. Fatmawati. ST.Eng,  Ketua TPPK Kabupaten  Solok Ny. Emiko Epyardi Asda. SP, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Syahrial. MM, Kepala Dinas DPPKBP3A   Dr. Maryeti Marwazi.MARS, Camat Lembah Gumanti Zulbakti S.Pd, Forkopincam Kec Lembah Gumanti, Wali Nagari Se Kecamatan Lembah Gumanti dan Masyarakat.

Ketua Pelaksana Kepala Dinas DPPKBP3A  Dr. Maryeti Marwazi, MARS dalam laporannya mengatakan, Kami ucapkan selamat datang kepada bapak sekretaris utama BKKBN RI berserta rombongan dan bapak Bupati Solok beserta rombongan dan juga tamu undangan yang hadir pada acara hari ini.

” Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendekatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan bagi Calon Pengantin (Catin) dan pengimputan data catin ke aplikasi elektronik siap nikah dan hamil (elsimil) dan mempermudah segala urusan bagi catin”, ungkapnya.

Sementara Sekretaris Utama BKKBN RI Drs. Tavip Agus Rayanto. M.Si mengucapkan Terimakasih kami ucapkan kepada Bupati Solok serta seluruh jajajaran serta panitia pelaksana kegiatan ini yang sudah manyambut kami dengan sangat baik.

Masih kata dia, Tahun 2045 adalah tahun indonesia Emas bagi bapak Presiden RI, maka dari itu SDM sebagai sumber utama bagi tujuan ini sangat penting untuk kemajuan indonesia di masa depan karna berhubungan dengan stunting maka harus kita

brantas secara maksimal guna menciptakan SDM yang bermutu untuk di persiapkan menuju Indonesia Emas 2045.

” Stunting di mulai dari pencegahan dini maka kita akan mulai dari calon pengantin, dari calon pengantin ini lah kita dapat mengetahui kesehatan calon pengantin, jika pengantin sudah sehat kita bisa menilai jika terjadi hamil maka bisa kita perkirakan sekitar 80% anak itu terlahir dalam keadaan sehat,” ucapnya.

Pemerintah akan selalu hadir untuk membantu pengantin dalam mengatasi stunting. Yang kami ketahui Kabupaten Solok adalah satu-satunya daerah yang memperkenalkan pernikahan masal di indonesia, kegiatan ini sangat bagus untuk bisa kami perkenalkan bagi daerah lain, pungkasnya.

Saya sangat bangga kepada Kabupaten Solok yang di pimpin oleh orang yang tepat yaitu Bpk Capt.H. Epyardi Asda. M.Mar yang bisa memajukan Kabupaten Solok dalam waktu singkat. Kami sangat berharap mudah-mudahan dengan terlihatnya penurunan tingkat stunting di Kabupaten Solok bisa lebih memacu semangat Bupati serta kita semua untuk lebih giat lagi menurunkan Stunting di indonesia, Sumatera Barat dan Kabupaten Solok Khusunya, katanya.

Sementara itu  Bupati Solok  Capt. H. Epyardi Asda. M.Mar, Selamat datang kami ucapkan kepada bapak Tavip Agus Rayanto, M.Si selaku Sekretaris Utama BKKBN RI di daerah kabupaten solok, mudah mudahan daerah kami ini bisa memanjakan mata dan selera bapak beserta rombongan.

” Stunting itu disebabkan oleh faktor ekonomi, maka salah satu pencegahan stunting di kabupaten solok beserta Solok Super Tim adalah mengutamakan peningkatan ekonomi masyarakat, jika ekonomi masyarakat sejahtera maka kemungkinan untuk terjadi stunting sedikit karna masyarakat mendapat gizi yang cocok dan masyarakat bisa langsung mencari apa yang mereka butuhkan karna ekonomi yang memadai,” paparnya.

Kami juga akan menyediakan susu bagi seluruh posyandu yang ada di kabupaten solok yang berasal dari susu murni dan pengolahan yang baik, kami juga memohon kepada bapak dan rombongan agar bisa selalu membantu kami dalam  memerangi stunting di kabupaten solok khususnya, dengan ide ide yang ada di BKKBN RI, pintanya.

Kami selaku Bupati Solok juga sangat berharap kepada seluruh Kader di kabupaten solok untuk tetap semangat dan bergerak bersama dalam mensukseskan penurunan stunting di kabupaten solok menuju angka 15%, Bupati Solok Membuka Secara Resmi Kegiatan Gebyar Baralek Gadang Aksi Penurunan Sunting di Kabupaten Solok Th 2023, tutupnya.(Eli)
Penulis : Eli
Editor : Red minakonews

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *